Yogyakarta, 27 September 2024 -- Desti Fitri Arini, S.Pd., mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMAN 3 Yogyakarta melakukan inovasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Inovasi pembelajaran yang dilakukan yaitu menerapkan metode observasi lapangan dikombinasikan dengan penggunaan media infografis. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa.
Metode observasi lapangan memungkinkan siswa untuk mengamati suatu objek secara langsung. Dengan cara ini, siswa dapat mengumpulkan data dan informasi yang relevan sebagai dasar untuk penulisan laporan. Menurut Desti Fitri Arini, "Mengamati objek secara langsung di lapangan membantu siswa lebih memahami konteks dan memperkaya wawasan mereka, sehingga laporan yang dihasilkan lebih detail, informatif, kekinian, dan kedisinian."
Selain itu, penggunaan media infografis sebagai alat bantu visual dalam penulisan laporan juga memberikan dampak positif. Infografis membantu siswa untuk menyajikan data dengan bentuk populer yang menarik dan mudah dipahami. Dengan mengintegrasikan infografis, siswa belajar bagaimana mengolah informasi kompleks menjadi lebih sederhana, sehingga pembaca bisa mendapatkan pemahaman yang baik tanpa harus membaca teks panjang. Teks laporan hasil observasi yang dikreasikan dalam bentuk infografis tidak hanya berbasis teks, tetapi juga menampilkan visual yang membuat pembaca lebih tertarik dan tidak merasa bosan saat membaca informasi.
Metode dan media pembelajaran ini telah diujicobakan di kelas X-3 dan menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa. Siswa tidak hanya lebih aktif selama proses pembelajaran, tetapi juga menunjukkan minat yang lebih besar dalam menulis.
Diharapkan, penerapan metode observasi lapangan dan media infografis dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Dengan demikian, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan keterampilan siswa di era digital.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H