Mohon tunggu...
Dessy FitryNatallya
Dessy FitryNatallya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Saya mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang sedang menempuh jurusan Psikologi. Hobi saya membaca dan menonton film. Aroma khas dari buku menjadi aroma favorit saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Untag Surabaya Tingkatkan Kualitas Branding UMKM RW 06 Manyar Indah dengan Psikologi Warna

10 Juni 2023   17:41 Diperbarui: 10 Juni 2023   17:45 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswi dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan melakukan Psikoedukasi Pemilihan Warna Branding UMKM RW 06 Manyar Indah (Dokpri)

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan poin ke-3 dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa/i-nya. Kegiatan KKN ini memiliki tugas utama yakni melakukan pemberdayaan dan penguatan atas keunggulan atau potensi yang dimiliki oleh desa atau kampung yang menjadi tempat mahasiswa mengabdi. Sebagai seorang mahasiswi Fakultas Psikologi Untag Surabaya, Dessy Fitry Natallya bersama 34 anggota kelompoknya berkesempatan untuk memberikan pengabdian pada RW 06 Manyar Indah Menur Pumpungan.

RW 06 Manyar Indah Menur Pumpungan merupakan wilayah perumahan di kota Surabaya yang telah memiliki UMKM yang sudah dapat dikatakan maju. UMKM berjalan pada pasar digital yang canggih dengan berbagai jenis UMKM yang ada, namun warga mengaku masih memerlukan adanya usaha untuk meningkatkan strategi marketing.  Mahasiswi Psikologi tersebut mengusungkan program sosialisasi dan pelatihan terkait pemilihan warna branding UMKM dengan berdasarkan psikologi warna.

Branding didalam dunia bisnis merupakan kegiatan-kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh para pemilik usaha untuk membangun dan membesarkan merek yang mereka miliki. Salah satu cara mengkomunikasikan branding adalah melalui bahasa visual dengan meningkatkan dunia kreatif, dan tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa visual mengandung unsur warna yang menjadi bagian didalamnya.

Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas suatu kondisi, karena warna memiliki arti dan kedudukan tersendiri bagi pengamatnya. Sikap yang dimiliki manusia juga dapat dipengaruhi oleh warna. Warna akan menciptakan kesan atau mood secara keseluruhan pada gambar dan dapat memberikan dampak secara psikologis bagi orang yang melihatnya. Warna juga mengeluarkan efek psikologi terhadap manusia yang melihatnya, yakni dapat menimbulkan sensasi dan juga memunculkan berbagai perasaan, namun perlu di tekankan bahwa respon psikologis yang ditimbulkan oleh warna tidak selalu sama.

Warna yang ditentukan itu, diharapkan dapat membuat konsumen memiliki opini yang sesuai dengan harapan mitra terhadap brand-nya dan meningkatkan daya tarik barang tersebut. Warna tersebut dapat dimanfaatkan mitra untuk berbagai hal, seperti base warna packaging, feeds, logo, dll.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun