Mohon tunggu...
Dessi Dalora
Dessi Dalora Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Social Media Monitoring Tools

19 Juli 2018   19:10 Diperbarui: 19 Juli 2018   19:12 766
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  • Melihat pesatnya perkembangan media saat ini, pantaslah jika sekarang masyarakat memiliki tingkat kebutuhan informasi yang sangat cepat. Perkembangan media saat ini juga turut memberi berbagai opsi kepada masyarakat untuk menikmati informasi dengan cara yang demikian ragamnya. Hal ini pula yang mendorong perkembangan sebuah media baru dari tahun ke tahun semakin cepat dirasakan.
  • Berbagai perkembangan teknologi saat ini dalam media terutama media online sangat nyata adanya dirasakan jika dirunut ke sembilan atau sepuluh tahun yang lalu.

  Social Media Monitoring diartikan sebagai kegiatan memantau, meneliti atau menganalisa pergerakan media sosial dari perusahaan atau pun individu tertentu. Social Media Monitoring juga banyak dikaitkan dengan pergerakan dunia marketing secara digital, dan lebih sering disebut Digital Marketing. Dalam hal ini, Social Media Monitoring memantau dengan mendalam apa saja yang terjadi dengan media sosial perusahaan di mata para pengguna media sosial.

Social media monitoring mampu melakukan beberapa analisa

1. Brand Sentiment (sentimen merek)

Analisa yang dilakukan adalah memberikan laporan secara komprehensif mengenai gambaran  produk di mata konsumen,dan gambaran tersebut bisa jadi positif atau negatif.  Jangkauan untuk analisa brand sentiment mencakup Social Media yang dikelola oleh merek dan media internet lainnya akan termonitor baik dengan Social Media Monitoring.

2. Competitor Analysis (analisis pesaing)

Social Media Monitoring dapat menganalisa pesaing yang bergerak di bidang yang sama dengan yang kita lakukan.  Hal yang bisa kita lihat dari competitor analysis adalah mulai dari melihat persepsi konsumen mengenai produk pesaing, bintang iklan, hingga melihat event-event offline dan iklan televisi.

3. Consumer Insight dan Respons (wawasan dan tanggapan konsumen)

Bahkan  mampu melihat respon terhadap iklan televisi secara real time. Karena banyak warganet yang sering membicarakan mengenai sebuah iklan televisi bahkan respon yang diungkapkan bersifat jujur dan apa adanya.

4. Share of Voice

Di dalam poin Share of Voice ini, pegiat Social Media Monitoring akan menyuguhkan data yang berupa persentase dari perbincangan antara perusahaan Anda dengan perusahaan kopetitor Anda. Anda akan melihat perbandingan dengan jelas seberapa banyak perusahaan Anda diperbincangkan, dan juga seberapa banyak perusahaan Anda diperbincangkan di media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun