Baru-baru ini seiring berkembangan zaman media elektronik yang semakin cangih, memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dan memudahkan melakukan transaksi bisnis tanpa harus bersusah payah. Dengan adanya teknologi yang cangih juga dapat memudahkan masyarakat dalam berbelanja.
Dengan adanya media elektronik banyak situs-situs onine yang menyediakan barang-barang untuk memenuhi kebutuhannya sehingga masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan apa yang diinginkan atau dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Disini saya akan memaparkan sedikit apa itu yang dinamakan dengan perdagangan elektronik atau biasa disebut e-commerce.
1. PENGERTIAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elekronik seperti internet atau televisi.
2. SEJARAH PERKEMBANGAN E-COMMERCE
Perkembangan teknologi yang sangat pesat pada era 90-an, memunculkan aplikasi e-commerce dari berbagai perusahaan. Awalnya perdagangan elektronik merupakan aktifitas perdagangan yang hanya memanfaatkan transaksi komersial saja, misalnya mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian secara elektonik. Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat yaitu perdagangan via internet.
Perkembangan e-commerce di indonesia ada sejak mtahun 1996. Hingga sekarang masih berlaku dan menjadi suatu kebutuhan berbelanja di zaman sekarang untuk menghindari terbuangnya waktu untuk berbelanja.
3. CONTOH-CONTOH E-COMMERCE
a. Belanja Online
Membeli dan menjual barang di internet adalah salah satu contoh paling populer dari e-commerce. Penjual membuat daftar produk layaknya di supermarket. Contoh populer untuk tempat belanja online adalah Tokopedia.
b. Tiket Online
Hampir semua jenis tiket dapat dipesan secara online misalnya, tiket pesawat terbang, tiket film, tiket kereta api, tiket konsel musik, dll. Membeli tiket secara online menjadikan kita tidak harus capek antri didepan loket penjualan tiket.
4. MANFAAT E-COMMERCE
Manfaat berbelanja dengan menggunakan via internet seorang konsumen tidak usah bersusah payah untuk mengunjungi toko yang menyediakan barang yang di inginkan. Dengan menggunakan via internet konsumen dapat memesan langsung melalui handphone atau telekomunikasi lainnya. Berbeleanja via internet seorang konsumen melakukan transaksi dengan cepat, tidak berbelit-belit dan menghemat waktu. Belanja via sangat bermanfaat bagi orang yang selalu dengan pekerjaanya.
5. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-COMMERCE
a. Kelebihan E-Commerce
Waktu lebih efisien, sebab dengan adanya perdagangan elektronik pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar. Pembeli tidak perlu repot-repot datang langsung ke toko untuk membeli barang yang diinginkan.
b. Kekurangan E-Commerce
Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau nomor rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan.
SARAN : Bagi teman-teman yang suka berbelanja online hendaknya memilih situs yang benar-benar terpercaya agar tidak terjandinya unsur penipuan. Serta saran saya lebih baik atau kalau bisa belanja dengan transaksi yang nyata saja, disamping aman kita sudah mengetahui kualitas atas produk yang kita inginkan. Transaksi nyata juga memungkinkan resiko tertipunya sangat kecil.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H