Mohon tunggu...
Desy Hani
Desy Hani Mohon Tunggu... Lainnya - Happy reading

Hi, you can call me Desy - The Headliners 2021 - Best in Opinion Kompasiana Awards 2023 - Books Enthusiast - Allahumma Baarik Alaih

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Trik Jitu Belanja Daring Lewat "Media Sosial" agar Tetap Aman, Ini Caranya!

14 Oktober 2023   20:53 Diperbarui: 15 Oktober 2023   03:43 575
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi online shopping di media sosial | sumber: shutterstock via kompas.com

Mendengar kata "media sosial" di era digitalisasi seperti sekarang ini, bukanlah hal yang tabu lagi bagi insan penghuni planet bumi, bagaikan teman yang begitu akrab. 

Dan konon katanya, kehadiran media sosial bagaikan sebuah kebutuhan untuk menemani kehidupan penduduk bumi. Benarkah demikian? 

Seiring dengan berjalannya waktu, begitu banyak media sosial yang muncul ke permukaan dan kehadirannya pun tetap eksis hingga sekarang, salah satunya Instagram. 

Media sosial yang satu ini telah mengibarkan sayapnya sejak tahun 2010 silam, sudah 13 tahun lamanya Instagram mewarnai peradaban dunia maya, yang berada di bawa naungan Meta Platforms. 

Para penghuni Instagram paling dominan menunjukkan kreativitas melalui unggahan sebuah foto/gambar, serta berbagai macam reels video. 

Kehadiran media sosial yang satu ini bagaikan sebuah album digital, untuk membagikan berbagai macam momen bahagia yang dimiliki oleh para penghuninya. 

Seperti halnya unggahan sebuah foto/video, yang menunjukkan bentang alam yang begitu indah dan menyejukkan, dari salah satu content creator yang sedang menikmati liburannya di salah satu kota. 

Namun ternyata, akses kemudahan dalam berbagi foto ataupun video ini, juga dimanfaatkan oleh beberapa penghuni dunia maya lainnya--untuk mempromosikan suatu produk. Instagram juga dimanfaatkan sebagai wadah terjadinya transaksi jual-beli secara daring. 

Sebagai salah satu penghuni dunia maya terkhusus pada Instagram, pernahkah kamu ketika sedang berkunjung pada fitur pencarian, dengan sengaja/tidak sengaja menemukan sebuah postingan yang mempromosikan suatu produk? Apabila iya, itu telah menunjukkan salah satu bukti dari kehadiran akun seller di Instagram. 

Apabila diperhatikan secara seksama, akun seller di media sosial Instagram dengan akun yang bukan seller, bisa dikatakan tidak ada perbedaan yang begitu signifikan, selain dari username, profil, serta postingan. Selebihnya? Tidak ada. 

Mendapati fenomena berbelanja secara daring seperti sekarang ini, tidak mengherankan lagi apabila media sosial juga ikut serta menjadi ajang promosi suatu produk yang diperjualbelikan secara online. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun