Mohon tunggu...
Desy Hani
Desy Hani Mohon Tunggu... Lainnya - Happy reading

Hi, you can call me Desy - The Headliners 2021 - Best in Opinion Kompasiana Awards 2023 - Books Enthusiast - Allahumma Baarik Alaih

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Pahami Perbedaan Belanja Daring Lewat "Media Sosial dan Marketplace", Kamu Pilih yang Mana?

4 Oktober 2023   11:11 Diperbarui: 6 Oktober 2023   18:08 889
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi online shopping | Sumber: Shutterstock/Surasak_Ch via kompas.com

Berbelanja secara daring di era digitalisasi seperti sekarang ini, bukanlah hal yang tabu lagi untuk dilakukan. Kini, aktivitas tersebut sudah sangat melekat dengan kehidupan penduduk bumi. 

Di mana kegiatan berbelanja secara virtual bisa kamu lakukan dengan mengunjungi langsung marketplace ataupun singgah di lapak media sosial milik seller. Lho kok belanja di medsos, emangnya bisa? Tentu saja bisa. 

Media sosial, pada umumnya memang dimanfaatkan oleh para penghuni dunia maya untuk menunjukkan kreativitasnya melalui content creator ataupun content writer, misalnya. 

Namun ternyata, tidak hanya sebatas itu saja kegunaan dari media sosial. Karena sebagian besar para penghuninya, juga memanfaatkan media sosial sebagai ruang untuk mempromosikan produk yang diperjualbelikannya. 

Berbeda dengan marketplace, yang memang dimanfaatkan oleh para penghuninya sebagai tempat terjadinya transaksi jual-beli. 

Ilustrasi online shopping | sumber: wizaplace.com
Ilustrasi online shopping | sumber: wizaplace.com

Sekilas, tampilan seller yang hadir di media sosial, tidak ada bedanya dengan tampilan para penghuni dunia maya lainnya yang bukan--seller.

Perbedaan hanya terletak pada username, deskripsi pada profil, serta postingan yang ditampilkan. Selebihnya? Sepertinya tidak ada. 

Contohnya, FashionABC_store, tampil gaya dengan fashion dari ABC store. Lirik sedikit siapa tahu tertarik banyak.

Nah, sebagai salah satu penghuni dunia maya, pernahkah kamu berbelanja daring melalui media sosial, bagaimanakah pengalamanmu? 

Apakah pengalaman menyenangkan yang kamu alami ketika berbelanja daring di media sosial? Sehingga membuatmu tertarik untuk kembali lagi belanja daring di sana atau malah kamu mendapati pengalaman yang tidak menyenangkan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun