Mohon tunggu...
Inovasi

Variasi Konten yang Membuat Hidupmu Lebih Berwarna

18 Juli 2018   20:00 Diperbarui: 18 Juli 2018   20:04 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

YouTube merupakan sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan. YouTube adalah search Engine terbesar kedua setelah Google, dan lebih besar dari gabungan Bing, Yahoo, dan Ask.

Youtube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Ketiga founder Youtube tersebut memakai uang PHK dari PayPal untuk dijadikan modal. Tujuan awal di ciptakannya Youtube sebenarnya untuk situs kencan online. Nama versi awal dari youtube ialah Tune In Hook Up yang sedikit mirip nama situs populer Hot or Not. Kemudian pendiri Youtube memutuskan untuk tidak hanya fokus pada video pacaran atau penjualan tetapi juga situsnya akan menampilkan semua jenis video. Ide Youtube sendiri muncul karena pendirinya Chen dan Hurley merasa kesulitan untuk membagikan video makan malam mereka dan juga mereka merasa kesulitan mendapatkan video-video yang sedang hangat di perbincangkan pada saat itu.

Sebelum Youtube, situs sharing video pertama bernama ShareYourWorld.com yang mucul pada tahun 1997. Namun karena teknologi pada masa itu belum cukup untuk mengirim dan menonton video lewat internet, maka situs tersebut akhirnya tutup. Video pertama yang di unggah di Youtube ialah video milik Jawed Karim yang secara sederhana merekam dirinya yang sedang jalan-jalan di salah satu kebun binatang di Amerika. Video pertama yang di-upload ke YouTube ini telah ditonton lebih dari 28 juta kali. Sebulan setelah berdiri, YouTube mempunyai 3 juta pengunjung. Pengunjungnya bertambah tiga kali pada bulan ketiga (Februari 2006), dan kemudian bertambah tiga kali lagi pada bulan Juli sampai mencapai 30 juta pengunjung. Akhirnya pada tahun pertama berdiri, pengunjung YouTube sudah mencapai lebih dari 38 juta pengunjung. Dan pada Oktober 2006, Youtube resmi di beli sahamnya oleh Google senilai $1,65 milliar. Pada tahun 2007, YouTube diperkirakan menggunakan bandwidth sebesar bandwidth yang digunakan seluruh internet pada tahun 2000. Pada tahun 2013, YouTube menjadi situs paling banyak dikunjungi keempat setelah Google, Facebook, dan Yahoo!. Pengunjung YouTube rata-rata 44% perempuan dan 56% laki-laki. Kebanyakan pengunjung berusia antara 12-17 tahun.

Melihat fenomena saat ini tentang Youtube, banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi youtuber. Dibalik popularitas yang akan di dapatkan, mereka juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah jika video konten yang mereka upload. Untuk menjadi vlogger atau youtuber yang sukses, kita harus selalu update tentang apa saja yang sedang hangat di perbincangkan. Selain itu juga kita bisa membuat konten yang menarik supaya banyak orang yang tertarik untuk menonton video kita.

Konten aktivitas sehari-hari belakangan makin banyak di buat baik itu dari pemilik akun youtube yang sudah lama maupun yang baru-baru ini membuat akun. Konten ini biasanya menceritakan bagaimana kegiatan keseharian mereka. Saat ini banyak sekali selebriti tanah air yang mempuyai official aku youtube mereka. Isi kontennya tak jauh dari cerita keseharian mereka. Kadang juga mereka sengaja memilih satu tema untuk di angkat dan mengundang orang sebagai narasumber dari konten tersebut. Memang tak ada yang aneh dari aktivitas keseharian seseorang tapi bisa kita lihat pengunjung youtube yang menikmati video dengan konten tersebut banyak diminati terlebih lagi kehidupan selebritis. Para selebritis dan para vlogger juga menggunakan media instagram sebagai media mereka mempromosikan video konten yang sudah mereka unggah di youtube.

Video konten yang juga banyak di kunjungi di youtube adalah daily make up terlebih untuk kaum wanita. Dengan adanya video tutorial make up di youtube membuat para wanita yang tidak bisa mengaplikasikan make up bisa merasa terbantu. Banyak sekali beauty vlogger saat ini bermunculan dengan inovasi bermake up yang semakin bervariatif. Dan banyak sekali penikmat video konten tentang make up. Kita hanya perlu memilih karakter mana yang sesuai dengan kita lalu kita bisa langsung menonton video konten tersebut dan langsung mengaplikasikannya ke wajah kita. Banyak juga video konten yang menyarankan jenis make up yang seperti apa yang cocok untuk jenis kulit kita. Semua yang kita butuhkan sudah tersedia di Youtube, kita hanya perlu memasukan kategori apa yang kita cari.

Selain daily activity dan daily make up, konten yang banyak dipilih berupa daily hijab. Jika daily make up adalah cara-cara untuk bermake up, maka daily hijab adalah cara-cara menggunakan hijab. Kita tahu bahwa di Indonesia mayoritas adalah muslin dan belakangan juga style hijab semakin diminati oleh kaun hawa. Dengan demikian semakin banyak juga beauty vlogger yang membuat video konten tentang cara menggunakan hijab sesuai dengan acara yang sedang kita hadiri. Mulai dari style formal, semi formal, casual dan masih banyak kita. Kita begitu dimudahkan dengan adanya teknologi terutama Youtube. Biasanya beauty vlogger selain membagikan video tutorialnya, mereka juga mempromosikan sebuah produk. Jadi para penonton yang menyaksikan video tersebut cenderung sebagian dari mereka langsung mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh beauty vlogger untuk membeli produknya.

Di luar dari konten di atas, ada seorang Youtuber Indonesia yang menggunakan ciri khasnya sebagai isi konten video Youtube seperti Bayu Skak yang menggunakan logat Jawa Timurannya yang kentel. Tapi berbeda dengan Bayu Skak, ada Raditya Dika yang tidak memiliki ciri khas namun selalu sukses menarik minat penonton untuk menyaksikan video konten Youtubenya. Baru-baru ini, Ia mengumumkan akan membagikan hadiah, sebagai rasa bahagia karena akun Youtubenya sudah tembus 4.309.889 subscribers, berupa mobil kepada para penonton setianya ialah Raditya Dika. Ia pun memberikan tutorialnya untuk mendapatkan mobil itu di akun Youtubenya. Raditya Dika dikenal sebagai seorang multitalenta karena dia banyak menguasai berbagai keahlian seperti penulis, aktor, sutradara dan tentunya menjadi salah satu Yotubers sukses Indonesia. Ia menjadi orang pertama di Indonesia dengan jumlah 1juta subscribers pada saat itu. Konten-konten yang Ia suguhkan di akun Youtubenya berupa serial komedi yang berjudul "Nissa" dalam bentuk webseries. Lalu setelah video seriesnya sukses di tonton ratusan ribu pengunjung, Dika membuat video seri keduanya yang berjudul "Miranda". Dari semua video seri yang sudah Dika buat, "Malam Minggu Miko" lah yang menarik banyak perhatian dari masyarakat yang hingga akhirnya serial ini di beli oleh Kompas Tv untuk bisa di tayangkan di televisi pada 10 Desember 2012. Serial "Malam Minggu Miko" ini menceritakan bagaimana kegiatan remaja yang bernama Miko dan teman kontrakannya yang bernama Rian dalam menjalani setiap  malam minggunya.

Setelah sukses dengan Malam minggu Miko, kini akun Youtube Raditya Dika lebih sering mengunggah kehidupan sehari-harinya dan juga ia sering melakukan perang makanan antara merk satu dengan merk yang lain. Raditya Dika mengemas akun Youtubenya dengan sangat menarik. Ia tak hanya terpaku pada satu konten saja dan juga setiap konten hanya untuk beberapa video yang membuat para penikmat akun Youtubenya tidak bosen dengan suguhan yang itu-itu saja. Serta ia pun sering mengunggah video yang sedang hangat diperbincangkan pada masanya. Raditya Dika pun membangun citranya sebagai Youtuber dari nol. Dari mulai video series hingga videonya dalam stand up comedy.  Raditya Dika adalah salah satu konten kreator yang banyak menginspirasi beberapa youtuber baru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun