Mengelola bisnis diera modern ini gampang-gampang susah. Apalagi untuk kita sebagai pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Mengembangkan dan meningkatkan usaha kita supaya tetap laku dipasaran membutuhkan strategi yang tepat. Sebagai pelaku UKM kita harus banyak mempertimbangkan aspek-aspek yang mempengaruhi bisnis yang kita yang kelola. Selain dari kualitas produk yang baik, kita harus memberikan pelayanan yang baik dan cepat kepada calon pembeli dari produk kita.
Dalam perkembangan era digitalisasi yang serba instan, tentunya kita sebagai pelaku UKM harus melakukan penyesuaian yang tepat demi menopang eksistensi produk yang akan kita pasarkan. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk terus mengembangkan usaha yang kita kelola. Kita dapat melakukan promosi melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan yang lainnya. Tentunya ketika kita sudah melakukan promosi diberbagai platform media sosial, kita harus menentukan jenis pengiriman yang cocok agar produk yang kita jual cepat diterima ditangan konsumen. Tidak perlu khawatir ketika ada pembeli dari luar kota yang ingin memesan produk kita. Ada berbagai jenis layanan pengiriman yang bisa gunakan dan pengirman Sameday cocok untuk kita yang ini barang kita cepat sampai kepada konsumen. Layanan pengiriman sameday banyak diminati konsumen karena dalam waktu cepat, konsumen bisa menerima produk yang kita jual dihari yang sama.
Untuk memastikan produk yang kita jual cepat dan aman sampai kepada konsumen, kita harus memperhatikan beberapa hal. Ada 7 tips yang harus kita perhatikan, cek beberapa hal berikut ini :
1. Pilih Jasa Pengirman Sameday Yang Dapat Dipercaya
 Memilih jasa pengiriman yang tepat adalah salah satu aspek yang penting agar produk yang kita jual cepat diterima dan tentunya dalam kondisi baik ketika diterima oleh konsumen. Memilih jasa pengiriman yang berpengalaman yang mempunyai integritas yang baik, membuat pelaku UKM seperti kita tidak khawatir ketika barang dalam pengiriman ke konsumen.
2. Menetapkan Waktu Batas Pemesanan
Untuk memberikan informasi yang jelas kepada konsumen, kita harus menetapkan waktu batas pemesanan agar produk yang akan kita jual dapat diproses sesuai waktu yang telah ditentukan. Kita juga harus menentukan waktu yang sesuai kapan barang yang kita akan kirimkan dapat di pickup oleh jasa pengiriman sameday. Hal tersebut perlu kita lakukan agar tidak terjadi miskomunikasi dalam pengiriman barang.
3. Melakukan Stock OpnameÂ
Melakukan stock opname atau perhitungan barang yang dilakukan secara berkala dengan menghitung langsung fisik barang dagangan yang ada di gudang serta mencocokkan jumlah fisiknya dengan catatan pembukuan. Jangan sampai ketika produk yang kita dagangkan tidak tersedia stoknya ketika ada calon konsumen yang mau membeli.
4. Mempersiapkan Pesanan Sesuai Deadline
Hal yang sangat penting dalam menyiapkan pesanan barang konsumen agar sesuai deadline ialah mengatur penjadwalan pesanan, dari mulai menyiapkan bahan untuk packing dan pendataan pesanan sesuai konsumen membeli harus sesuai urutannya. Perlu mengatur keluar masuk barang sesuai urutan pesanannya, jangan sampai konsumen yang memesan pertama, diproses paling akhir.
5. Memberitahukan Waktu Pengiriman Dan Nomor Resi Â
Kita harus menggunakan jasa pengiriman sameday melalui ekspedisi yang sudah menyediakan layanan tracking perjalanan paket secara real time, kita perlu memberitahukan calon konsumen terkait nomor resi pengiriman agar dapat melakukan monitoring bersama perjalanan dari barang yang konsumen pesan.
6. Quality Control Pesanan Yang Akan Dikirim
Memastikan produk yang akan kita kirimakan adalah salah satu tahapan akhir yang paling penting dalam menyiapkan produk yang akan kita kirim. Kita perlu memastikan barang yang dipesan sesuai pesanan konsumen, harus menggunakan bubble wrapp/packing kayu atau pengaman yang lainnya sesuai standar pengiriman. Jangan sampai pelanggan kita kecewa karena barang yang kita kirim tidak sesuai dengan apa yang mereka pesan atau diterima dalam keadaan rusak karena ketelodoran kita sebagai penjual dalam proses packing.
7. Evaluasi Proses Dan Terima Feedback
Setelah produk yang kita jual sudah terjual dan diterima oleh konsumen. Tentunya kita sebagai penjual berharap barang yang kita jual sesuai harapan konsumen. Kita perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh dari mulai proses produksi sampai ke tahap yang paling akhir yaitu respon dan saran dari konsumen. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas barang yang kita produksi dan layanan yang kita berikan.
Pengiriman yang cepat dan aman menjadi salah satu faktor penentu kemajuan bisnis kita. Dengan kualitas pengiriman sameday yang baik dan cepat, membuat rasa aman kepada kita semua sebagai penjual maupun pembeli terhadap barang yang dikirim.
Demikian pembahasan mengenai 7 Tips Meningkatkan Layanan Pengiriman Sameday Dari Ninja Xpress Untuk UKM. Dengan tips tersebut semoga untuk kita semua sebagai pelaku UKM dapat semakin berkembang dan maju sesuai harapan!!!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H