WORKSPACE.
Bila kita berbicara kantor, banyak orang yang terbesit di benak mereka tentang lingkungan yang menjemukan, tempat yang tidak ramah untuk bekerja, susah mendapat inspirasi, tempat yang tidak dapat mendukung untuk bekerja secara maksimal, rutinitas yang menjemukan, dan lainnya.Â
Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja baik dari seorang pegawai. Beberapa faktor tersebut termasuk:
- Lingkungan Kerja: Lingkungan kerja yang nyaman, aman, dan menyenangkan dapat membantu meningkatkan kinerja pegawai. Fasilitas yang memadai seperti peralatan dan teknologi yang terbaru juga dapat membantu meningkatkan kinerja.
- Kolaborasi dan Tim Kerja: Kerja sama dalam tim dan kolaborasi yang efektif dapat membantu meningkatkan kinerja pegawai kantor. Hal ini dapat dilakukan melalui penugasan proyek bersama, diskusi, dan berbagi pengetahuan dan pengalaman
Lingkungan kerja yang nyaman bisa dicapai dari penataan ruang dan suasana ruangan yang baik.Â
Contoh penataan ruang, dengan menerapkan konsep open space dimana konsep ini sudah sangat populer sekarang, dimana ruangan bersifat terbuka, tidak ada kubik-kubik diantara meja-meja pekerja. Â
Sirkulasi gerak juga merupakan faktor penting agar suasana di kantor terasa nyaman. Tidak adanya partisi, ruangan yang terbuka, penataan furniture yang memberi jarak yang ergonomis, merupakan contoh-contoh penerapan penataan ruang yang maksimal pada kantor. Dari situpun, bisa terbentuk kolaborasi dan kerja tim yang maksimal.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H