Mohon tunggu...
Kelompok 138 KKN Tematik
Kelompok 138 KKN Tematik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelompok 138 KKN-Tematik UPN "Veteran" Jawa Timur

Kelompok 138 KKN-Tematik UPN "Veteran" Jawa Timur yang bertempat di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok KKN Tematik 138 UPN Veteran Jawa Timur Percepat Pengembangan UMKM Berbasis Tekstil di Kelurahan Gedog

27 Mei 2022   18:00 Diperbarui: 27 Mei 2022   18:04 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Blitar memiliki ribuan UMKM yang sedang tumbuh dari berbagai jenis & bidangnya, salah satunya adalah Alv.Crafts yang menjalankan usaha di bidang kerajinan perlengkapan rumah tangga berbahan tekstil. Alv Crafts memproduksi berbagai jenis produk kerajinan tangan yang diantaranya tali masker dan aneka bantal dengan berbagai ukuran, bentuk dan gambar. 

Pemilik UMKM tersebut yang awalnya menjalankan usahanya di Tangerang, berpindah ke Blitar sejak 2 tahun lalu. Kelompok KKN Tematik 138 UPN Veteran Jawa Timur mendatangi Alv.Crafts untuk membantu mendampingi pengembangkan UMKM di kelurahan Gedog.

Salah satu upaya pengembangan UMKM dilaksanakan dengan kegiatan pendampingan pembuatan NIB pada beberapa UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 13 Mei 2022. NIB atau Nomor Induk berusaha merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS, yang dapat digunakan dalam mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai dengan bidang usahanya masing-masing. 

NIB ini terdiri dari 13 digit angka acak yang dilengkapi dengan pengaman dan juga disertai tanda tangan elektronik. Sehingga dengan adanya pembuatan NIB pada pelaku UMKM mampu mengembangkan dan mempertahankan usahanya serta mampu bersaing secara global.

Di era yang serba digital, diperlukannya upaya pengembangan digitalisasi guna mendorong perluasan pasar serta keefektifitasan dalam menyasar berbagai lapisan konsumen. 

Sebagai aplikasi dengan pengguna aktif sebanyak 1 Miliar di seluruh dunia dan merupakan aplikasi yang paling populer di kalangan remaja dan orang dewasa, menjadi salah satu dasar pemilihan TikTok sebagai salah satu aplikasi sarana digital marketing pada usaha UMKM Alv.Crafts. Hal ini dilakukan dengan pembuatan 3 konten video yang berkonsep story-telling sehingga meninggalkan kesan otentik dan tidak terlalu bersifat komersil. 

Selain itu, dilakukan pemanfaatan fitur TikTok Shop yang memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mencantumkan tautan produk mereka sehingga mempermudah proses jual beli antara konsumen dengan produsen.

Sebagai salah satu komponen utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, upaya pengembangan UMKM diharapkan terus gencar dilakukan oleh berbagai pihak termasuk dengan bantuan fasilitas dari pemerintah setempat.  Dengan berkembangnya UMKM yang bekerja sebagai penopang, stabilitas sistem keuangan dan perekonomian di Indonesia pun akan terbentuk.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun