Mohon tunggu...
Denik
Denik Mohon Tunggu... Lainnya - Freelance

Blogger dan penulis yang senang motoran sambil kuliner, mengunjungi tempat bersejarah, dan olah raga.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Mengawali Tahun Baru dengan Riding Tipis ke Jonggol

2 Januari 2024   14:49 Diperbarui: 3 Januari 2024   01:02 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Papan petunjuk jalan (dok. Denik)

Mengunjungi tempat baru yang sama sekali belum pernah didatangi memiliki tantangan tersendiri. Bayangan tentang suasana dan apa yang ada di sana melintas dipikiran. Penasaran. 

Hal itulah yang saya rasakan begitu mendapat tawaran untuk berkunjung ke daerah Jonggol. Sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor. Sekitar 2 jam perjalanan dari Jakarta.

Jonggol. Nama yang tak asing terdengar. Apalagi seiring tayangnya sinetron Emak Ijah Ingin ke Mekkah. Pada masanya, artis cilik Sony Wakwaw turut berperan mempopulerkan nama Jonggol.

Dengan jawabannya di Jonggol tiap kali ditanya, "Bapak mana? Bapak mana?"

Dalam benak saya Jonggol itu nun jauh di sana dan masih belum  tersentuh peradaban. Sebab mereka yang mendengar kata Jonggol seolah memberikan pandangan mengejek. Kesan yang tak baik tentang daerah Jonggol.

Saya jelas penasaran. Seperti apa sih daerahnya?! Kesempatan itu pun datang akhir tahun 2023 kemarin. Saya mendapat undangan untuk menginap di rumah kerabat di daerah Jonggol. 

Begitu membaca tulisan Jonggol dalam alamat yang tertera. Batin saya bergejolak. Wah, Jonggol? Seru nih bisa bertualang ke sana.

Seperti biasa, saya mengendarai sepeda motor kesayangan. Si Beatty. Dari Tangerang saya menuju arah Jakarta Cawang lurus sampai Pasar Rebo. Dari sana saya mengambil arah Cijantung, Ciracas, Cibubur, dan Cileungsi.

Selanjutnya lurus saja mengikuti papan petunjuk jalan yang menunjukkan tulisan Jonggol. Dari sini mengikuti map untuk sampai ke tempat yang dituju.

Ternyata daerah yang dilalui masih banyak kebun kosong dengan pohon rambutan berbuah lebat. Sedang musim rambutan sepertinya.

Video perjalanan saya bisa lihat di sini ya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun