Menginap di sebuah hotel salah satu hal yang menyenangkan loh. Karena ada banyak hal yang bisa dieksplore. Kata saya sih. Jadi bukan sekadar datang dan tidur lalu menunggu check out.
Kalau saya menginap di sebuah hotel, hal pertama yang dilakukan setelah barang masuk ke kamar adalah melihat fasilitas hotel. Nomor satu melongok kolam renang. Karena saya hobi berenang. Kedua melihat ruang nge-gym.
Meski bukan yang rajin nge-gym, sesekali bolehlah memanfaatkan fasilitas. Upaya menjaga kesehatan secara gratis. Kapan lagi nge-gym sepuasnya dan gratis.
Selanjutnya menuju restoran hotel. Tempat kita breakfast atau sarapan pagi. Tentu saja sambil menikmati menu yang tersedia, saya perhatikan tata ruang di dalam restoran serta gerak-gerik para pegawai restoran.
Entah ya? Bagi saya sangat menarik mengamati semua itu. Menjadi gemas sendiri manakala menu yang disajikan kurang menarik dan pegawainya ada yang tidak senyum.
Tidak bertampang jutek sih tapi diam saja. Judulnya menyebalkan.Tidak sigap membantu tamu yang terlihat kebingungan. Karena ada loh tamu yang mungkin baru pertama kali menginap di hotel dan butuh bantuan dalam menggunakan fasilitas yang ada di hotel.
Bila berandai-andai nih, saya mendapat tawaran pekerjaan di sebuah hotel. Maka posisi yang saya incar adalah Restoran Manager Hotel. Wuih, ini pekerjaan yang menantang andrenalin juga.
Kenapa saya sebut memacu andrenalin? Sebab tanggung jawabnya berat. Banyak aspek yang harus diurus oleh seorang manager restoran. Dari yang saya tahu, berikut ini sih hal-hal yang dilakukan oleh seorang manager hotel:
1 . Mempekerjakan dan memberhentikan karyawan
2 . Mengatur jadwal kerja
3 . Mengurus inventaris