Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Inilah Masjid Favorit Saya, Masjid yang Ramah Anak dan Aman Untuk Lansia

30 April 2021   21:48 Diperbarui: 30 April 2021   21:54 895
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Masjid Agung Serua Permai, Pamulang (dokpri)

Menurut saya masjid yang baik itu yang ramah anak dan aman untuk lansia. Jadi bukan masjid yang mentereng, besar dan megah.

Dari beberapa masjid yang pernah saya kunjungi, adalah Masjid Agung Sarua Permai yang menjadi masjid favorit saya sejak dulu dan sekarang. 

Kenapa masjid tersebut yang menjadi favorit saya? Sebab masjid ini sesuai dengan kriteria yang saya sebut sebagai masjid yang baik. Yakni ramah anak dan aman untuk lansia.

Ramah anak yang saya maksud adalah lingkungan masjidnya yang luas dan aman. Jadi anak-anak yang ikut orangtuanya ke masjid bisa bermain dengan leluasa tanpa kita merasa khawatir. Sebab teras dan halamannya luas tidak ada undak-undakan.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Selama ini masjid yang banyak saya jumpai adalah masjid yang bertingkat. Sedikit atau banyak jumlah tangganya, tetap saja was-was kalau membawa anak tanpa pengawasan.

Nah, posisi masjid yang datar tanpa undak-undakan ini jadinya aman toh untuk lansia? Orang lanjut usia atau lansia itu kan inginnya memperbanyak ibadah. Makanya sering toh kita jumpai lansia yang tertatih-tatih menuju masjid. 

Kasihan saja melihat mereka yang harus seperjuangan sendiri dalam menaiki tangga masjid. Demi untuk beribadah di masjid mereka rela tertatih-tatih.

Kalau bentuk masjidnya seperti Masjid Agung Sarua Permai, pasti para lansianya rajin ke masjid. Mereka yang memiliki anak pun dengan senang hati mengajak anak-anaknya ke masjid. Seperti itulah kenyataan yang saya lihat di sana. Oleh karenanya saya sangat menyukai masjid ini.

Saya selalu menyempatkan diri untuk menyinggahi masjid ini jika sedang  berada di daerah Pamulang. Jika dulu belum ada AC-nya. Kini area dalam masjid sudah menggunakan AC.

Lalu di mana sih letak masjid Agung Serua Permai itu? 

Letaknya sih di dalam kompleks. Tepatnya di kompleks Benda Baru, Pamulang. Saya sangat senang duduk-duduk di teras masjid ini. Rasanya adem, melihatnya pun adem. Jadinya masjid yang terasa adem luar dan dalam. (EP)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun