Mohon tunggu...
Deni Masdiana
Deni Masdiana Mohon Tunggu... Guru - SD Negeri 003 Sungai Paku

Dengan menulis opini pada kompasiana ini tujuannya adalah untuk memberikan wawasan tentang dunia pendidikan pada pembaca dan penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai jawaban atas Ragam Karakteristik Siswa dalam Ruang Kelas

14 Juni 2024   07:47 Diperbarui: 14 Juni 2024   07:56 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar oleh: Deni Masdiana, Mahasiswa Pascasarjana UNILAK

Setiap individu memiliki ciri khas yang unik. Karakteristik ini juga kerap kali terlihat pada siswa di dalam ruang kelas. Ragam perbedaan, seperti minat, kecerdasan, gaya belajar, dan latar belakang, dapat ditemui di antara siswa-siswa tersebut.

Pembelajaran yang efektif seharusnya mampu mengakomodasi berbagai perbedaan ini. Pendekatan pembelajaran yang berdiferensiasi menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi ragam perbedaan siswa di dalam kelas. Mengapa pembelajaran berdiferensiasi dianggap sebagai solusi yang tepat dalam menghadapi perbedaan siswa?

Hal ini karena pendekatan berdiferensiasi memungkinkan guru untuk menyesuaikan metode pengajaran, materi, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik individu masing-masing siswa. Dengan demikian, pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan siswa dapat merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung kemajuan serta perkembangan semua siswa, tanpa meninggalkan siapapun di belakang.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang mempertimbangkan kebutuhan, minat, dan profil siswa. Dalam pembelajaran ini, siswa memiliki fleksibilitas dalam proses belajar, dan kegiatan pembelajaran disusun sedemikian rupa untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa agar mereka dapat mengembangkan potensi mereka sesuai dengan tingkat kesiapan, minat, dan profil belajar yang beragam. Pembelajaran berdiferensiasi menekankan empat aspek diferensiasi, yaitu:

Konten atau isi 

pembelajaran adalah materi yang disampaikan kepada siswa dengan memperhatikan kebutuhan mereka, termasuk tingkat kesiapan belajar, minat, dan profil siswa. Dalam aspek ini, guru melakukan diferensiasi untuk menyesuaikan apa yang akan dipelajari oleh siswa selama pembelajaran. Guru perlu memahami kebutuhan individual setiap siswa dan dapat menyesuaikan metode pembelajaran sesuai dengan cara belajar masing-masing siswa dalam memahami topik yang diajarkan.

Proses

Aspek ini mencakup bagaimana siswa memahami dan menginterpretasikan informasi atau materi pembelajaran. Guru harus memahami apakah siswa memahami materi secara individu atau dalam kelompok. Guru perlu memberikan bantuan belajar kepada siswa yang memerlukan dengan menggunakan pertanyaan sebagai panduan.

Produk

Diferensiasi produk melibatkan variasi dalam hasil tugas pembelajaran atau penilaian hasil belajar siswa. Meskipun tugas dan penilaian berbeda-beda untuk setiap siswa, mereka masih mengarah pada tujuan pembelajaran yang sama.

Lingkungan belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun