ruang kelas. Ragam perbedaan, seperti minat, kecerdasan, gaya belajar, dan latar belakang, dapat ditemui di antara siswa-siswa tersebut.
Setiap individu memiliki ciri khas yang unik. Karakteristik ini juga kerap kali terlihat pada siswa di dalamPembelajaran yang efektif seharusnya mampu mengakomodasi berbagai perbedaan ini. Pendekatan pembelajaran yang berdiferensiasi menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi ragam perbedaan siswa di dalam kelas. Mengapa pembelajaran berdiferensiasi dianggap sebagai solusi yang tepat dalam menghadapi perbedaan siswa?
Hal ini karena pendekatan berdiferensiasi memungkinkan guru untuk menyesuaikan metode pengajaran, materi, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik individu masing-masing siswa. Dengan demikian, pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan siswa dapat merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung kemajuan serta perkembangan semua siswa, tanpa meninggalkan siapapun di belakang.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang mempertimbangkan kebutuhan, minat, dan profil siswa. Dalam pembelajaran ini, siswa memiliki fleksibilitas dalam proses belajar, dan kegiatan pembelajaran disusun sedemikian rupa untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa agar mereka dapat mengembangkan potensi mereka sesuai dengan tingkat kesiapan, minat, dan profil belajar yang beragam. Pembelajaran berdiferensiasi menekankan empat aspek diferensiasi, yaitu:
Konten atau isiÂ
pembelajaran adalah materi yang disampaikan kepada siswa dengan memperhatikan kebutuhan mereka, termasuk tingkat kesiapan belajar, minat, dan profil siswa. Dalam aspek ini, guru melakukan diferensiasi untuk menyesuaikan apa yang akan dipelajari oleh siswa selama pembelajaran. Guru perlu memahami kebutuhan individual setiap siswa dan dapat menyesuaikan metode pembelajaran sesuai dengan cara belajar masing-masing siswa dalam memahami topik yang diajarkan.
Proses
Aspek ini mencakup bagaimana siswa memahami dan menginterpretasikan informasi atau materi pembelajaran. Guru harus memahami apakah siswa memahami materi secara individu atau dalam kelompok. Guru perlu memberikan bantuan belajar kepada siswa yang memerlukan dengan menggunakan pertanyaan sebagai panduan.
Produk
Diferensiasi produk melibatkan variasi dalam hasil tugas pembelajaran atau penilaian hasil belajar siswa. Meskipun tugas dan penilaian berbeda-beda untuk setiap siswa, mereka masih mengarah pada tujuan pembelajaran yang sama.
Lingkungan belajar