Mohon tunggu...
Denalia Puspita Ayu
Denalia Puspita Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

TETAP SEMANGAT SAMPAI TAMAT

Selanjutnya

Tutup

Analisis

teori lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

17 Januari 2025   23:16 Diperbarui: 17 Januari 2025   23:16 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Mataram_  Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

Perkembangan manusia merupakan hasil dari proses kompleks yang melibatkan interaksi antara faktor biologis, sosial, dan kognitif. Dua tokoh besar dalam psikologi perkembangan, Lev Vygotsky dan Jean Piaget, mengembangkan teori yang berbeda namun saling melengkapi dalam memahami perkembangan sosial dan kognitif manusia. Berikut adalah uraian tentang teori mereka:

Teori Lev Vygotsky

Lev Vygotsky, seorang psikolog dari Rusia, menekankan pentingnya pengaruh sosial dalam perkembangan kognitif manusia. Menurut Vygotsky, interaksi sosial memainkan peran sentral dalam pembentukan kemampuan berpikir dan memahami dunia. Teori utamanya dikenal sebagai teori sosial budaya.

Konsep Utama Teori Vygotsky

  1. Zona Proksimal Perkembangan (Zone of Proximal Development, ZPD):ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain yang lebih kompeten, seperti orang tua, guru, atau teman sebaya. Dalam ZPD, bimbingan yang tepat memungkinkan anak untuk belajar keterampilan baru.

  2. Scaffolding:Scaffolding adalah bentuk dukungan yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya untuk membantu anak menyelesaikan tugas dalam ZPD. Dukungan ini diberikan secara bertahap dan akan berkurang seiring dengan peningkatan kemampuan anak.

  3. Bahasa dan Pemikiran:Vygotsky menekankan pentingnya bahasa sebagai alat utama dalam perkembangan kognitif. Bahasa tidak hanya digunakan untuk komunikasi, tetapi juga untuk berpikir dan memecahkan masalah.

  4. Interaksi Sosial:Vygotsky percaya bahwa pembelajaran adalah proses sosial. Anak-anak belajar melalui interaksi dengan individu yang lebih berpengalaman dalam konteks budaya tertentu.

Teori Jean Piaget

Jean Piaget, seorang psikolog asal Swiss, lebih fokus pada proses internal dalam perkembangan kognitif. Teorinya, yang dikenal sebagai teori perkembangan kognitif, menekankan pentingnya eksplorasi dan pengalaman individu dalam membangun pengetahuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun