Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru dalam mendukung peningkatan kualitas pengajaran di Madrasah Miftahul Ulum Aeng Panas Kecamatan Pragaan. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pengajaran, menilai kemampuan profesional guru, serta mengukur kontribusi mereka terhadap pencapaian tujuan dalam pendidikan. Dalam metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara yang melibatkan 20 guru dan 150 siswa sebagai responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru sangat berperan signifikan dalam peningkatan kualitas pengajaran. Aspek yang mendapat perhatian khusus meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi dari hasil belajar. Berdasarkan hasil survei, menunjukkan 85% guru telah memenuhi standar kompetensi profesional, namun masih ditemukan kendala dalam penggunaan media pembelajaran modern dan perlu beradaptasi terhadap kurikulum terbaru yang diterapkan di sekolah tersebut. Selain itu, 78% siswa merasa metode pengajaran yang digunakan oleh guru cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman materi yang disampaikan kepada siswa.
Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan profesional bagi guru, terutama dalam penggunaan teknologi pendidikan dan pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak madrasah dalam merancang program peningkatan mutu pendidikan yang lebih komprehensif
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H