Mohon tunggu...
Dellia Putri
Dellia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Media sarana untuk membagikan pengalaman menjadi mahasiswa pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Topik 1 Literasi Dasar Aksi Nyata

12 Oktober 2024   11:42 Diperbarui: 15 Desember 2024   22:02 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lembar Kerja 1.5

Rencana Aksi Nyata

1. Apa tindakan konkret yang dapat Anda ambil untuk terus mengembangkan keterampilan literasi dasar berdasarkan pemahaman dari kelas ini?

Jawaban:

Literasi dasar menurut saya tidak hanya sekedar membaca dan menulis tetapi mampu memahami, menganalisis dan memeraktikan apa yang dibaca. Tindakan konkret yang dapat saya ambil untuk terus mengembangkan keterampilan literasi dasar ialah dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembelajaran. Dengan teknologi saya dapat mencari berbagai informasi, dimana ketika terdapat berita yang belum jelas kebenarannya saya dapat mengulik lebih dalam mengenai hal yang ingin saya cari. Hal ini membuat saya tidak hanya menghindari berita hoaks, tetapi juga meningkatkan kemampuan kritis dalam memilah informasi. Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi, saya dapat mencari berbagai sumber belajar seperti penelitian ilmiah dan materi edukatif lainnya yang dapat saya pergunakan untuk mengembangkan pengetahuan saya. Dengan memanfaatkan teknologi juga dapat menambah pengetahuan saya mengenai makna-makna kata yang belum familiar bagi saya. Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi saya dapat merancang pembelajaran literasi yang menarik untuk membangkitkan motivasi anak ketika sudah mengajar nanti.

2. Bagaimana Anda akan membantu siswa Anda mengembangkan keterampilan literasi dasar dalam konteks mata pelajaran yang Anda ajarkan?

Jawaban:

Sebagai seorang guru untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan literasi dasar dalam konteks mata pelajaran yang sedang diajarkan yaitu:

  • Membuat ringkasan harian, meminta siswa untuk membuat ringkasan harian, dimana nantinya setiap akhir pembelajaran ringkasan yang sudah dibuat akan dinilai. Hal tersebut, dapat melatiih anak agar mampu memahami informasi yang disampaikan oleh gurunya.
  • Membuat peta pikiran, dengan melatih siswa untuk membuat peta pikiran di setiap BAB yang telah diajarkan. Dengan membuat peta pikiran, akan melatih anak lebih berpikir kritis untuk menghubungkan poin-poin dalam materi. Selain itu, kemampuan anak untuk menganalisis suatu grafik atau peta pikiran akan lebih berkembang.
  • Permainan kata, disetiap pelaksanaan mata pelajaran, guru juga dapat menerapkan permainan kata. Dalam pelaksanaan permainan ini, ketika guru sedang memberikan penjelasan dan terdapat kosa kata yang mungkin tidak fimiliar dengan siswa, guru dapat memancing siswa untuk menjawab makna dari kosa kata tersebut. Dengan permainan ini akan memperkaya kosa kata yang dimiliki siswa dan siswa mengetahui maknanya.
  • Membaca pemahaman, guru juga dapat mengembangan keterampilan literasi dasar dengan membimbing siswa untuk membaca pemahaman di awal pembelajaran. Setelah selesai membaca, guru dapat memberikan pertanyaan dengan jawaban yang tersirat dari bacaan tersebut. Dengan pembelajaran ini, akan membuat siswa berusaha dalam memahami apa yang telah ia baca.
  • Bermain peran, guru dapat mengajak siswa untuk bermain peran, dengan bermain peran tidak hanya meningkatkan keberanian anak tetapi juga akan mengembangkan kemampuan berbicara, kemampuan mengekspresikan diri, mengembangkan imajinasi dan berpikir kritis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun