Mohon tunggu...
Della Putri
Della Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tentang kebahasaan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Sekolah Dasar

2 Juli 2024   10:30 Diperbarui: 2 Juli 2024   13:40 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gaya belajar merupakan cara individu dalam menerima dan memproses informasi. Setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, yang dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu visual, auditori, dan kinestetik.

Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema. Pendekatan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep secara holistik dan menghubungkannya dengan kehidupan nyata.

Penelitian tentang hubungan gaya belajar dengan hasil belajar tematik pada
siswa sekolah dasar telah menghasilkan temuan yang bervariasi.

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara gaya belajar
dan hasil belajar tematik.

*Siswa yang memiliki gaya belajar visual cenderung lebih mudah memahami informasi yang disajikan secara visual, seperti gambar, diagram, dan video. Oleh karena itu, mereka mungkin lebih berhasil dalam pembelajaran tematik yang menggunakan banyak media visual.

Siswa yang memiliki gaya belajar auditori cenderung lebih mudah memahami informasi yang disampaikan secara lisan, seperti penjelasan guru dan diskusi kelas. Oleh karena itu, mereka mungkin lebih berhasil dalam pembelajaran tematik yang melibatkan banyak diskusi dan presentasi.

*Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik cenderung lebih mudah memahami informasi melalui pengalaman langsung dan praktik. Oleh karena itu, mereka mungkin lebih berhasil dalam pembelajaran tematik yang melibatkan banyak aktivitas dan eksperimen.

Penelitian lain menunjukkan bahwa hubungan antara gaya belajar dan
hasil belajar tematik tidak selalu signifikan.
Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti variasi dalam metode penelitian, karakteristik sampel, dan kualitas pembelajaran tematik yang diterapkan. 

Faktor yang Mempengaruhi Hubungan

Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar tematik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

*Metode Pembelajaran: Guru yang menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun