Mohon tunggu...
Nurul Faiza Ridha Vadellah
Nurul Faiza Ridha Vadellah Mohon Tunggu... Mahasiswa - jurnalistik

hello!

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Fenomena McD x BTS di Indonesia

4 Juli 2021   13:56 Diperbarui: 4 Juli 2021   14:29 1718
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Viral. Sumber ilustrasi: PIXABAY/ktphotography

Ramai diperbincangkan, baru-baru ini brand makanan cepat saji terkenal asal California melakukan kolaborasi dengan grup kpop terkenal dunia bernama BTS. BTS (Bangtan Sonyeondan) sendiri merupakan salah satu grup kpop yang sedang mencapai puncak dan menembus pasar Amerika, maka tidak heran jika penggemar dari BTS yang disebut ARMY ini sudah sampai ke penjuru dunia.

Pada taggal 9 Juni 2021 kemarin, McD x BTS resmi membuka menu special yaitu BTS meal diseluruh gerai McD di Indonesia bahkan diseluruh dunia. Karena kondisi pandemic saat ini belum membaik, pihak McD Indonesia sudah mewanti-wanti antusias ARMY Indonesia yang pasti menyebabkan kerumunan, maka untuk mengatasi hal tersebut, McD Indonesia tidak membuka pelayanan transaksi manual, hanya disediakan melalui Drive-Thru (menggunakan kendaraan, tanpa harus turun) dan melalui ojek online yang tersedia di Indonesia.

Namun, tak disangka hal tersebut tetap menghasilkan keramaian yang tak biasa, bahkan beberaapa polisi ikut turun tangan untuk membantu mentertibkan keadaan. Tidak hanya itu, hal mengejutkan lainnya adalah, stok BTS Meal untuk 1 bulan di seluruh gerai McD di Indonesia ludes terjual dalam waktu kurang dari 5 jam, membuat pesanan yang diterima oleh ojek online terpaksa harus dibatalkan karena pesanan sudah tidak tersedia, padahal para ojek online sudah menunggu sekitar kurang lebih 2 jam. Hal ini menjadi ramai danmenjadi trending di media social, membuat netizen menyalahkan ARMY terlalu berlebih-lebihan, padahal menu dari BTS Meal sama saja hanya kemasannya yang berbeda. Mereka bilang “ini hanya membuang waktu para ojek online yang mengantri lama, namun tidak menghasilkan apa-apa.” Ya, beberapa dari netizen hanya berkomentar tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Siapa sangka, ternyata para ARMY Indonesia mengumpulkan donasi di laman resmi untuk membantu dan berterimakasih kepada ojek online karena sudah mengantri panjang. Belum genap 2 hari donasi yang terkumpul sudah mencapai Rp.200.000.000,- benar-benar menakjubkan. Bahkan para ARMY Indonesia memberikan uang tip dan beberapa makanan atau minuman kepada ojek online. Ini merupakan suatu hal yang positif dan dapat membantu perekonomian para ojek online. Tetapi kenapa yang sering dibahas hanyalah hal-hal buruk dari sisi penggemar K-Pop sampai melontarkan pesan kebencian tanpa adanya respect terhadap Kpopers. 

Banyak yang bertanya, untuk apa rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk bungkus makanan berwarna ungu dan berlogo BTS? Ambil sisi baiknya saja, pertama mereka yang menyimpan wadah tersebut dapat mengurangi populasi sampah, selain itu bisa disimpulkan bahwa mereka menghargai sesuatu bahkan hal kecil sekalipun.

Setiap orang memiliki alasan dalam melakukan sesuatu, dan setiap orang memiliki standard dalam membuat kebahagiaannya sendiri. Jika dalam hal kecil kita bisa saling menghargai, saya rasa Indonesia akan menjadi Negara yang hebat dengan kekuatan rakyatnya yang merealisasikan toleransi seperti pedoman bangsa kita Pancasila.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun