Mohon tunggu...
Delima Amerthawati
Delima Amerthawati Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Freelance Digital Writer

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan: PMM UMM Mitra Dosen 62 Dampingi SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang dalam Penyusunan Modul Ajar Berbasis TaRL

19 Januari 2025   13:56 Diperbarui: 19 Januari 2025   13:56 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Kota Malang - Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM tersebut memiliki tujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tim PMM UMM Mitra Dosen kelompok 62 yang beranggotakan Amalia Jihan Sakinah, Nia Lorenda Rohmatulloh, Khansa Nabilah Islamiati, Afifah Yulia Sari, Indah Sari didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Drs. Rohmad Widodo, M.Si dan Wahyu Kurniawan, S.Pd., M.Pd berhasil melangsung kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung pada 17 Oktober 2024 di SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang. Tema kegiatan yang diusung yaitu "Workshop Pendamping Penyusunan Modul Ajar Berbasis Teaching at the Right Level di SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang".

Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) merupakan sebuah metode pembelajaran inovatif yang dirancang untuk menyesuaikan pengajaran dengan tingkat kemampuan siswa, bukan berdasarkan tingkat kelas. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa secara efektif, terutama bagi mereka yang tertinggal dalam pembelajaran dasar.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Dosen Pembimbing Lapang (DPL) bersama dengan tim PMM UMM Mitra Dosen kelompok 62 bersama-sama melangsungkan kegiatan pelatihan berupa workshop kepada guru mengenai konsep dasar dan prinsip-prinsip TaRL. Pelatihan yang dipaparkan oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) mengenai pemahaman metode pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan, pendekatan pembelajaran yang adaptif, dan cara pembuatan modul yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Setelah pelatihan, tim PMM UMM Mitra Dosen kelompok 62 melakukan identifikasi kebutuhan pembelajaran siswa dengan melibatkan para guru. Langkah ini dilakukan melalui wawancara dengan guru, dan analisis hasil belajar siswa sebelumnya. Informasi ini digunakan untuk menentukan materi ajar yang relevan dengan kemampuan setiap kelompok siswa.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi
Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Sebagai langkah akhir, modul ajar yang sudah dibuat oleh guru dikumpulkan dan tim PMM UMM Mitra Dosen kelompok 62 memberikan umpan balik kepada guru untuk penyempurnaan modul. Kegiatan ini tidak hanya membantu meningkatkan keterampilan guru dalam merancang modul ajar, tetapi juga memperkuat penerapan pendekatan TaRL di sekolah untuk mendukung keberhasilan belajar siswa.

Melalui kegiatan yang telah terlaksana, tim PMM UMM Mitra Dosen kelompok 62 berharap, meningkatnya kompetensi guru dalam memahami pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), menambahnya keterampilan dalam penyusunan modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa berdasarkan tingkat kemampuan mereka, dan tercipanya pembelajaran lebih efektif di lingkungan SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun