Generasi Z yang terdiri dari individu yang lahir pada tahun 1997-2012, adalah kelompok yang tumbuh dan berkembang di tengah era teknologi yang cepat dan perubahan budaya yang signifikan. Dalam konteks pendidikan, memahami motivasi mereka untuk belajar menjadi kunci dalam membentuk strategi pembelajaran yang efektif.Â
Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi Generasi Z untuk belajar dan bagaimana pemahaman ini dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif, diantaranya:
1. Ingin Mendapat Nilai yang Lebih Baik
Gen Z memiliki standar yang lebih tinggi terhadap prestasi akademik. Mereka ingin mendapat nilai yang lebih baik agar dapat memperoleh pengakuan dan penghargaan dari orang tua, guru, dan masyarakat.
2. Ingin Diterima di Universitas Pilihan
Gen Z sangat peduli dengan reputasi universitas dan ingin diterima di universitas yang terbaik. Mereka ingin memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan memiliki akses ke sumber daya yang lebih luas.
3. Ingin Menyelesaikan Proses Studi dengan Lebih Cepat
Gen Z memiliki kebiasaan yang lebih cepat dalam beradaptasi dan ingin menyelesaikan proses studi dengan lebih cepat. Mereka ingin memiliki waktu yang lebih banyak untuk berbuat lain dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat lain.
4. Ingin Meningkatkan dan Mengembangkan Kemampuan Diri Secara Optimal
Gen Z sangat peduli dengan kemampuan diri dan ingin meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri secara optimal. Mereka ingin memiliki kemampuan yang lebih baik untuk berbuat yang lebih baik dan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi.
5. Ingin Berprestasi dan KreatifÂ