produk mereka secara luas. Oleh karena itu, pada hari Sabtu, tanggal 13 Juli 2024, Tim KKN Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dibawah bimbingan Dosen Deny Meitasari, S.P., M.Sc. dan Dr. Fitria Dina Riana, S.P., M.P. sebagai dosen pembimbing lapang melaksanakan program kerja yang berjudul "Sosialisasi Pengembangan Digital Branding Serta Pelatihan Foto Produk UMKM dan Pemasaran Online Melalui E-Commerce " pada Kelompok Wanita Tani Maju Bersama dan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Wonomulyo dengan jumlah peserta yaitu 15 orang. Kegiatan dilaksanakan di Aula Masjid Jami' Baitussalam Desa Wonomulyo pada pukul 19:00 WIB.
Kurangnya pengetahuan dalam branding dan pemasaran secara online menjadi permasalahan bagi KWT dan UMKM di Desa Wonomulyo. Hal ini menjadi hambatan untuk memperkenalkan dan menjualKegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC dan penyampaian sambutan oleh Ketua KWT Maju Bersama yaitu Ibu Siti Qoriah sebagai perwakilan peserta. Kemudian dilanjutkan ke agenda berikutnya yaitu pembagian pre test yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan yang dimiliki oleh ibu-ibu KWT dan pelaku UMKM mengenai Digital Branding sehingga dapat menjadi acuan untuk memberikan materi yang sesuai. Lanjut pada agenda utama berupa pelaksanaan Program Kerja oleh Daffa 'Adlan Ash-Shidiqie dengan judul "Sosialisasi Pengembangan Digital Branding Produk." Pada program ini, Ibu-ibu KWT dan pelaku UMKM sangat antusias mengikuti jalanya acara dan aktif bertanya mengenai branding.
Materi yang diberikan meliputi pengertian secara luas maupun secara spesifik, manfaat ,dan juga tips dalam melakukan strategi digital branding produk. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya kehadiran digital dalam mempromosikan produk lokal. Para peserta diberikan pelatihan mengenai strategi branding di platform digital, penggunaan media sosial secara efektif, serta pembuatan konten yang menarik. Melalui sosialisasi ini, diharapkan KWT dan UMKM dapat meningkatkan daya saing produk mereka, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan pendapatan melalui pemanfaatan teknologi digital.
Setelah program kerja pertama telah usai kemudian dilanjutkan ke program kerja kedua yaitu "Pelatihan Foto Produk Untuk Pemasaran Online" yang diinisiasi oleh Muhammad Hidayat Nasution diikuti dengan antusiasme yang tinggi oleh ibu-ibu KWT dan UMKM. Hal ini terlihat dari banyak nya ibu ibu yang ingin langsung praktek foto produk. Pada pelatihan foto produk ini menggunakan alat bantu yaitu berupa Mini Studio Box. Alat ini dapat membantu dari sisi lightning dan background untuk mendapat foto produk yang menarik.
"Foto Produk yang menarik akan meningkatkan minat calon konsumen untuk membeli suatu produk sehingga dapat meningkatkan penjualan," ujar Deny Meitasari, S.P., M.Sc., kemudian Dr. Fitria Dina Riana, S.P.,M.P. juga menambahkan, "Foto produk yang baik akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu toko sehingga branding toko akan dikenal baik."
Dalam pelaksanaannya terdapat banyak pernyataan positif dari para peserta dan merasa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mereka serta menjawab permasalahan yang dihadapi dalam foto produk.
Dalam pelatihan ini didapatkan hasil foto produk yang menarik dan memiliki nilai estetika. Foto produk tersebut diambil secara langsung lewat smartphone peserta dengan editing sederhana. Hasil dari foto seperti yang tertera.