Biasanya guru BK memainkan peran pentinng dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah seperti memberiikan nasihat dan arahan akan tetapi guru BK bisa berperan sebagai konselor, motivator, dan direktur dalam mengembangkan potensi siswa. Guru BK berperan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa seperti halnya peran ini sangat signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan mereka dapat memberikan layanan bimbingan belajar, bimbingsn kelompok, konseling individual, dan konseling kelompok untuk membantu siswa meningkatkan motivasi belajarnya dengan memberikan materi yang relevan dan bervariasi untuk meningkatkan percaya diri dan konsentrasi siswa.
Dalam mengembangkan program sekolah guru BK harus berkolaborasi dengan guru mata pelajaran karena dengan adanya kolaborasi antara guru BK dengan guru mata pelajaran akan dapat membantu mengembangkan karakter siswa dan untuk memberikan bimbingan dan konseling yang lebih efektif. Guru BK juga dapat meningkatkan efektivitas program sekolah, untuk meningkatkan efektivitas program sekolah yaitu dengan memiliki program yang terstruktur dan terprogram, serta di evaluasi dan disupervisi setiap tahunnya. Guru BK harus memiliki sarana dan prasarana  yang memadai untuk melakukan konseling dan bimbingan. Selain itu guru BK harus memiliki waktu yang cukup untuk melakukan konseling dan bimbingan, serta memiliki kerja sama yang baik dengan guru-guru.
Terdapat beberapa cara yangg dilakukan guru BK untuk meningkatkan efetivitas program di sekolah sebagai beriut ini:
- Layana Informasi : Dalam layanan ini dapat berupa arahan, nasiat, atau konseling intensif untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan belajar dan meningkatan motivasi belajar siswa.
- Kolaborasi dengan Guru Mata Pelajaran : Dalam kolaborasi antara guru BK dengan guru mata pelajaran ini untuk memberikan bimbingan dan koseling yang lebih efektif sehingga mereka dapat menggunakan media sosial untuk berkomunikasi bimbingan yang lebi personal.
- Home Visit : Guru BK disini melakukan home visit yang dimana untuk menangani masalah siswa dan membantu siswa yang kesulitan untuk belajar. Hal ini dapat membantu siswa lebih fokus dan memaami materi yang disampaikan guru.
- Pengawasan dan Evaluasi : Dalam pengawasan dan evaluasi terhadap program yang dilaksanaan. dengan ini akan membantu guru BK mengetahui kelebian dan kekurangan program serta membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas program.
- Rancangan Pelaksanaan Konseling (RPL) : Dalam rancangan pelaksanaan konseling yang terstruktur dan terprogram akan membantu guru BK dalam memberikan bimbingan yang lebi efektif dan relevan sesuai dengan kebutuan siswa.
Dengan adanya cara tersebut, Guru BK dapat meningkatkan efektifitas program di sekolah dan membantu siswa meningkatkan kemampuan belajar dan motivasi belajar siswa. dengan adanya Guru BK program sekolah akan berkembang dengan efektif karena guru BK memiliki peran untuk meningkatkan efetifitas program sekolah, memiliki pedoman yang pasti, program yang terstruktur, sarana dan prasarana yang memadai, serta kerja sama yang baik dengan guru-guru disekolah.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H