Mohon tunggu...
Dede Taufik
Dede Taufik Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Praktisi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Memancing di Atas Bukit

11 Oktober 2023   20:08 Diperbarui: 11 Oktober 2023   20:15 407
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Bocil Dapat Ikan

Sore hari setelah solat ashar, Pade dan Bocil berangkat ke atas bukit dekat rumah. Perlengkapan yang dibawa adalah ember, dua pancingan dan umpannya. Selain itu. tak lupa juga membawa pembekalan seperti satu gelas kopi untuk Pade dan satu gelas susu untuk Bocil, yang sudah disediakan sama si cinta.

Bocil menawarkan diri untuk membawa ember, dua pancingan beserta umpannya. Sementara sisanya Pade yang bawa. Bocil terlihat antusias karena dirinya seharian ini belum bermain ke luar rumah. Teman bermainnya sedang tak ada di rumah. Mungkin sedang ada acara keluarganya. Di tengah perjalanan, Bocil meminta istirahat dulu. 

"Yah, istirahat dulu sebentar ya!" 

Pade pun mengiyakannya sambil duduk istirahat sejenak dan menyeruput sedikit air kopi. Sementara Bocil pun tak mau ketinggalan untuk ikutan dengan menyeruput sedikit air susu yang telah disediakan bundanya. Nikmatnya luar biasa. Berteduh di bawah pohon, ditemani segelas kopi sambil punggung dikipasin oleh dedaunan. Sungguh udara yang sejuk sekali.

Tak lama kemudian, Bocil pun bangkit kembali dan mengajak untuk melanjutkan perjalanannya. Kami berdua sangat senang. Tak terasa, sampailah kami ke atas bukit. Disana ada beberapa kolam ikan. Lebih tepatnya adalah 4 kolam ikan terpal khusus untuk pembesaran ikan nila. Namun semenjak adik Pade diangkat menjadi pegawai yang lokasinya sangat jauh. Kolam ikan itu tak terurus sebagaimana biasanya. Ikannya hanya dimanfaatkan sebagai konsumsi pribadi, tak difokuskan untuk bisnis lagi. Alasannya ya selain waktu untuk mengurusnya, harga pakannya yang mahal untuk saat ini.

Mulai Memancing

Dokpri: Bocil sedang memancing
Dokpri: Bocil sedang memancing

Bocil telah siap untuk memulai aksinya untuk memancing. Pancingan mini miliknya berwarna kuning segera dikasih umpan. Dirinya terlihat serius saat memancing. Sementara Pade terlebih dahulu menyiapkan tempat penampungan ikan hasil pancingan. Ikan pertama pun tak butuh lama didapatkan oleh Bocil. Karena dia masih takut menangkap ikannya sendirian. Takut terkena duri ikan mujaer katanya. Maka itu, Pade yang sigap untuk memasukkannya ke dalam ember penampungan.

Berbagi Hasil Pancingan

Dokpri:  Beberapa ikan  hasil pancingan di dalam ember
Dokpri:  Beberapa ikan  hasil pancingan di dalam ember

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun