Salam dan bahagia! Pada Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9, pembelajarannya sudah memasuki alur Koneksi Antar Materi Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dimana pembelajarannya dimulai pada tanggal 26 September 2023 dan terakhir pengumpulan tugas pada tanggal 2 Oktober 2023.
Pade sendiri sudah selesai mengerjakan tugasnya berdasarkan hal yang dipahami. Dengan tahapan pengerjaan tugasnya yakni memahami terlebih dahulu sesuai intruksi yang ada, kemudian dikonsep melalui catatan sebelum didesain ke canva. Jika sudah selesai, seperti biasa Pade pun melakukan koreksi barangkali ada yang masih kurang dan perlu ditambahkan. Setelah itu barulah mengirimkan tugas tersebut dan melupakannya. Sebagaimana yang pernah Pade tuliskan dalam coretan Tips Mengerjakan Tugas di Pendidikan Guru Penggerak untuk pengingat diri  yaitu kerjakan, kirimkan, dan lupakan.
Ada 2 pertanyaan pemantik sebagai acuan dalam mengerjakan tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.
Pertama, apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?
Untuk menjawab pertanyaan pertama ini, Pade membuka kembali modul yang sudah dipelajari sebelumnya yakni modul 1.1 tentang Filosofi Ki Hadjar Dewantara dan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kemudian dikaitkan dengan modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.
Untuk kaitannya berdasarkan yang Pade pahami dapat dilihat berdasarkan ilustrasi berikut ini.
- Visi Murid ImpianÂ
Pada visi murid impian, Pade masukan cita-cita dari seluruh murid Pade yang berjumlah 14 siswa.
- Filosofi Ki Hadjar Dewantara
Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
- Nilai dan Peran Guru Penggerak
Nilai Guru Penggerak:Â Berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif