Latar belakang masalah dari pelaksanaan praktik pembelajaran ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA. Indikator dari rendahnya minat belajar ini diantaranya yaitu :
-Siswa menganggap tidak mampu mengikuti pelajaran IPA karena pelajaran IPA dianggap pelajaran yang sulit dan membosankan
-Rendahnya minat belajar siswa di pengaruhi oleh  psikologi siswa yg tidak memahami manfaat pendidikan di masa depan serta menganggap IPA sebagai mapel yang sulit karena banyak hitungannya
-Kurangnya perhatian orangtua mengakibatkan orangtua tidak menyadari kesulitan belajar anak
-Proses pembelajaran masih berpusat pada guru
-Guru belum mengupayakan pembelajaran IPA yang aktif dan menyenangkan
Praktik ini baik untuk dibagikan karena :
-Sebagian besar guru mata pelajaran IPA mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, yaitu rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA
-Praktik ini bisa memotivasi diri saya sendiri untuk mendesain pembelajaran yang inovatif dan kreatif
-Praktik ini menjadi motivasi untuk rekan guru lain untuk berbuat yang terbaik untuk peserta didik dan dapat memberikan dampak yang baik hasil belajarnya
-Praktik ini bisa menjadi referensi bagi guru-guru lain untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran