Mohon tunggu...
Decky Novandri
Decky Novandri Mohon Tunggu... Penulis - Belajar Menulis.

- Pria Sederhana, yang ingin belajar dan berkembang. - Master of Public Administration Alumni. National University, Jakarta Indonesia. - IDP_LP

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kisah Singkat nan Pilu Sang Driver Pengantar Makanan

2 Januari 2022   19:58 Diperbarui: 14 Januari 2022   21:11 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Gambar Ilustrasi: istockphoto.com)

Tulisan yang sangat biasa nan sederhana ini, saya angkat dari kisah seorang teman, sahabat yang menjadi driver pesan antar makan secara online.

Tulisan ini tidak mengkritik mengenai tarif, tidak mengkritik aplikator, dan tidak bermaksud untuk menyudutkan kelompok pemesan makanan secara online, ataupun menganggap semua driver makanan pesan antar secara online itu benar dan semua pemesan tidak dapat memahami cara kerja aplikasi.

Peras keringat, banting tulang. tak peduli teriknya sengat matahari, dan tak peduli dengan hujan yang begitu deras menerpa, belum lagi dengan kebisingan dan kemacetan ibu kota yang teramat menyesakkan hati dan pikiran.

Itulah label yang layak disematkan pada Driver-driver online yang bertahan, dan berjuang untuk hidup di kota metropolitan ini.

Sungguh sangat miris rasanya, ketika sang  driver online mendapatkan pesanan yang nyata, namun dikomplain oleh yang memesan atas dasar kesalahan yang bukan berasal dari Driver tersebut.

misalkan saja, si A yang memesan bakso dan meminta pada resto untuk memberikan alat makan (mangko dan sendok), tentu saja hal ini akan berbeda jika resto tersebut tidak menyediakan alat makan yang dipesan oleh pemesan makanan.

Pada saat itu pula pemesan malahan memberikan penilaian satu bintang untuk sang driver online ini, penilaian satu bintang sangatlah berpengaruh signifikan terhadap rating, kinerja atau performance sang driver sebagai mitra dari aplikator tersebut.

secara kualitatif, informasi yang saya peroleh dari driver online.

ketika secara persentase rating, performance atau kinerja dalam hitungan persen ini, sebelum menerima hadiah satu bintang dari pemesan tersebut, masih berada pada angka 100%, namun akibat dari sang driver mendapatkan penilaian satu bintang dari pemesan, secara otomatis Driver tersebut mengalami penurunan persentase rating, performance atau kinerja kurang lebih 8%.

Itu artinya jumlah persentase driver hanya tersisa 92% saja, sementara untuk mengembalikan persantase rating 100% tersebut, driver online membutuhkan kurang lebih harus mendapatkan minimal 7 orang pemesan yang memberikan masing-masing 5 penilaian bintang, itupun belum tentu dapat naik kembali pada angka 100%, ada kemungkinan masih berada diangka 98%.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun