Masa Kehamilan
"Menjaga kesehatan pada masa kehamilan :Investasi penting dalam 9 bulan kehamilan
(dr. Edwin Kurniawan, Sp.OG, M. Kes, FMIGS, FICS)
* TANDA KEHAMILAN
Tes kehamilan positif,adanya detak jantung yang dideteksi sejak 7 minggu
* LAMA KEHAMILAN
Rata-rata 280 hari/40 minggu , dan dibagi menjadi 3 semester
* MANIFESTASI KEHAMILAN
Tidak haid,terlambat haid, nyeri payudara,perubahan warna kulit, mual
muntah,berkemih sering,mudah lelah
* PERUBAHAN ORGAN TUBUH SELAMA KEHAMILAN
Rahim akan membesar ,kehamilan 12 minggu,rahim mulai dapat diraba dari perut
kehamilan 20 minggu, rahim Sudah setinggi pusar kehamilan 36 minggu,Rahim
setinggi tulang iga
a. Stretch mark
b. Linea nigra
c. Perubahan payudara
d. Nyeri trimester 1
e. Putting membesar
f. Kolostrum keluar pada trimester 2
g. Areola meluas dan menjadi gelap
h. Areola muncul glandsof Montgomery (tonjolan lebih terang)
* Tips Untuk Ibu Hamil
a. Minum yang cukup minimal 8-10 gelas perhari, memenuhi kebutuhan
cairan untuk menunjang sirkulasi janin,cairan ketuban,dan volume darah
pada ibu hamil
b. Tidur yang cukup dapat meningkatkan Kesehatan ibu hamil dan janin
c. Olahraga bermanfaat saat hamil maupun setelah melahirkan. Olahraga
saat hamil dapat membantu melancarkan persalinan dan olahraga
setelah melahirkan dapat Mengembalikan berat badan yang naik karena
prose persalinan.
d. Music sebagai sumber relaksasi,mengurangi stress,kegelisahan,dan
depresi
e. Kunjungan ke tenaga kesehatanuntuk pemeriksaan kehamilan
f. Hindari stress atau kecemasan selama kehamilan dapat mempengaruhi
terhadap proses hamil.
g. Kenaikan berat badan saat hamil dan pemeriksaan gula darah
h. Pemeriksaan ke dokter gigi
PERIODE 0 Tahun s/d 1 Tahun Anak
HAL PENTING DALAM PERIODE EMAS 1 TAHUN KEHIDUPAN ANAK : FOKUS PADA ASI DAN
PERSIAPAN AWAL MASA MPASI
Pada proses tumbuh kembang anak, terutama di awal kehidupankita perlu ingat faktor yang penting,
yaitu
a. Genetik
b. Nutrisi : Perhatian penting terhadap konsumsi ASI dan MPASi
c. Lingkungan : Perhatikan stimulasi kecerdasan melalui pola tidur
d. Penyakit : Status imunisasi lengkap untuk eradikasi infeksi
e. Hormonal Dua tahun pertama kehidupan adalah masa yang sangat menentukan masa
depan anak.
Proses perkembangan otak manusia berupa pembentukan sinaps saraf otak berupa
o Jalur sensorik ( melihat dan mendengar )
o Kemampuan berbahasa
o Fungsi kognitif
"Tidak ada satu pun susu formula yang mampu memberikan komposisi nutrisi dan non
nutrisi selengkap ASI"
Hal yang dapat membantu proses menyusui adalah Rawat Bersama, Bergabung Bersama
Anak Bagi orang tua baru hal ini menjadi penting untuk - Beradaptasi dengan anggota baru dalam
keluarga - Lebih mengenal bayi dan belajar mengenai bayI
Pada proses MPASI kandungan nutrisi yang terbaik berasal dari makanan asli atau
makanan yang tidak diproses atau diproses secara minimal. Risiko dari makanan yang diolah
dengan ultra proses adalah obesitas dan kanker.
Makanan pendamping dapat diberikan ketika - Anak dapat duduk dengan leher tegah dan
mengangkat kepala tanpa memerlukan bantuan - Anak menunjukkan ketertarikan terhadao
makanan, misal mencoba meraih makanan di hadapannya - Anak menjadi lebih lapar dan tetap
menunjukkan tanda lapar, seperti gelisah walaupun Ibu sesudah memberikan ASI
PEMBERIAN GIZI DAN NUTRISI
Gizi dan nutrisi penting pada proses tumbuh kembang anak & Apa yang harus dilakukan
saat Anak tidak memenuhi target KMS
Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya anak memerlukan * Energi * Zat pembangun *
Zat pengatur * Air * Serat Karena bila nutrisi tidak cukup dan berkualitas maka anak mengalami
risiko gagal tumbuh kembang seperti malnutrisi, stunting, postur tubuh pendek gemuk atau pendek
kurus.
Bahan makanan sumber ASI dapat berupa :
* Bahan makanan pokok misalnya - cereal (biji-bijian seperti beras dan gandum) yang mengandung
* protein - umbi dan buah manis yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi
* . * Makanan yang mengandung protein hewani - Daging dan ikan adalah sumber protein, zat besi,
* dan zat besi yang baik. - Hati memberikan vitamin A dan folat. - Kuning telur merupakan sumber
* yang baik untuk protein dan vit A
* . * Produk susu (dairy products) - susu, keju, dan yoghurt berguna sebagai sumber kalsium, protein,
* energi, dan vit B.
* * Kacang-kacangan - kacang polong, buncis, lentil, kacang tanah, dan kacang kedelai merupakan
sumber protein dan juga mengandung zat besi. - Sayuran berwarna hijau yang mengandung vitamin
C secara bersamaan membantu absorpsi zat besi. 32
* Buah-buahan dan sayuran. - Buah berwarna oranye dan sayuran seperti wortel, labu, mangga, dan
* pepaya dan daun berwarna gelap seperti bayam kaya akan karoten prekusor vit A dan vit C.
* * Lemak dan minyak yang mengandung energi yang tinggi. Sumber bahan makanan yang
mengandung minyak mengandung asam lemak esensial yang dibutuhkan anak. CONTOH MENU Per
kali makan =
* Protein: potong dada/paha ayam atau butir telur atau 2-3 ekor udang atau 25 gram tempe
* * Lemak: 1 sendok makan minyak
* Karbohidrat: 2-3 sendok makan nasi atau 50 gram nasi tim atau kentang ukuran sedang
* * Buah/sayuran: sebagai perkenalan, tidak banyak. Pada proses pembuatan MP -- ASI pastikan
keamanan dan kebersihan bahan makanan dan proses pengolahan makanan yang tepat untuk
menghilangkan risiko kontaminasi mikroorganisme, zat kimia, atau benda berbahaya pada makanan.
Masa awal kehidupan hingga dua tahun pertama (window period of opportunity) kehidupan adalah
masa yang sangat penting karena pada masa ini pertumbuhan dan perkembangannya sangat cepat.
Setelah lahir, proses otak focus pada membangun koneksi antar saraf sehingga area otak mampu
berkomunikasi dengan baik
 HAL DALAM MENGASUH ANAK
Pengasuhan dengan C.I.N.T.AH
Halyang perlu dipenuhi oleh keluarga adalah
- Perasaan dihargai,
- Merasa penting dalam keluarga
- Merasa diterima
- Merasa bagian dari keluarga
- Rasa aman dan nyaman
- CONTOH Bagi anak, kedua orang tua merupakan sosok yang dikagumi, dikenal, dan dipandang.
- Perilaku yang ditunjukkan oleh orang tua ( negatif atau positif) memunculkan atensi di mana anak
- akan mengamati aksi yang ditampilkan oleh sosok yang diidolakan atau justru menimbulkan
- penolakan. Anak akan belajar untuk meniru dari aksi yang diamati, di mana selanjutnya muncul
- motivasi untuk meniru tingkah laku sosok yang diidolakan. Pembentukan perilaku anak adalah
- proses mengawasi dan mencontoh
- IKLIM Pada pengasuhan, I.Klim merupakan suasana interaksi yang diciptakan anggota keluarga.
- Suasana interaksi ini berkaitan dengan gaya pengasuhan dan tipe anak. Terdapat beberapa gaya
- pengasuhan orang tua yang dapat memperngaruhi suasana interaksI
- Â Nilai Dalam domain N.ilai, terdapat 3 hal yang perlu kita ajarkan pada anak yakni
- Â - Pengertian o Standar perilaku o Sesuatu yang bermakna dalam kehidupan
- Fungsi o Acuan atau titik tolak tujuan hidup
- - Pengembangan dalam kehidupan sehari-haru o Modelling dan Penalaran o Mengajar langsung
anak tentang nilai nilai dalam kehidupan dari orang tua Langkah untuk menentukan N.ilai yang akan
dikembangkan
- Mendefinisikan nilai utama dalam keluarga sebagai bentuk pengembangan penalaran -
- Menentukan nilai yang penting dalam keluarga keluarga bisa berdiskusi mengapa hal tertentu
- menjadi proritas)
- - Nilai yang telah diputuskan dinyatakan bersama dan bisa dituli di tempat yang mudah dan sering
dilihat
. - Prinsip bimbingan membawa nilai ke aktivitas harian 48 o Bagaimana mempraktikannya dalam
bentuk tingkah laku o Menunjukkan keberhasilan melakukan praktik nilai tersebut - Berbagi
pengalaman tentang praktik N.ilai tersebut antar anggota keluarga
Tanggung Jawab - Melakukan sesuatu dengan benar dan terbaik sesuai kemampuan -
Mempunyai keinginan untuk bertanggung jawab bagi apa yang akan dilakukan dan tidak dilakukan -
Menerima penghargaan (dihargai) bila melakukan hal yang benar atau sebagai umpan balik (koreksi
bila salah
- Memegang kesepakatan tentang sesuatu yang telah diputuskan dnegan keluarga / teman
- Tanggung jawab tidak berkaitan dengan kematangan seseorang akan tetapi lebih kepada faktor
- eksternal seperti pengasuhan, pendidikan, orang tua, dan tenaga pendidik. 49 Aspek tanggung
- jawab terkait dengan
- Kehidupan
- Situasi
- Bakat dan Potensi
- Perasaan
- Pemikiran
- Tindakan
- dan Kebebasan Prinsip dari keharusan melatih tanggung jawab adalah
- Setiap anak adalah individu yang unik
- Setiap anak memiliki harapan
- Pola kebiasaan dan perilaku anak adalah proses mencontoh dari lingkungan
- KOnsistensi dan pelaksanaan sesuai aturan
- Belajar dan mengobservasi lingkungan
PANTAU PERKEMBANGAN ANAK
- Skrining Perkembangan di Rumah: apakah yang bisa dilakukan Ayah dan Bunda di rumah
- Â Prevalensi penyimpangan perkembangan pada usia anak di bawah 5 tahun di Indonesia masih
- Â cukup tinggi. Menurut Badan kesehatan dunia angka tersebut adalah 7.51 % per 100.000 populasi.
- Â Keterlambatan perkembangan dapat terjadi pada satu domain atau lebih dari satu domain.
- Â Bila terdapat dua atau lebih domain yang mengalami keterlambatan pada anak di bawah 5 tahun
- Â maka disebut Global Developmental Delay Orang tua perlu curiga anak mengalami gangguan
- Â perkembangan bila pada usianya :
- Â Anak belum bisa bicara jelas
- Anak memiliki kosa kata yang tidak dimengerti
- Â Anak beum bisa menunjuk
- Anak tidak menoleh bila dipanggil
- Â Anak belum bisa berjalan
- Annak belum bisa meniru Gerakan
- Â Anak tidak faham bila diperintah
Hal yang bisa dilakukan adalah melakukan pemerikaan secara berkala di layanan kesehatan
Melakukan deteksi dini dnegan membuka Buku Kesehatan Ibu dan Anak dan melakukan observasi
terhadap pertumbuhan perkembangan anak.
Pada usia 1 bulan - Menatap ke ibu - Mengeluarkan suara o...o... - Tersenyum - Menggerakkan
tangan dan kaki
Pada umur 3 bulan bayi bisa - Mengangkat kepala tegak ketika tengkurap - Tertawa -
Menggerakkan kepala ke kiri dan kanan - Membalas tersenyum ketika diajak bicara / tersenyum -
Mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh
Pada umur 6 bulan bayi bisa - Berbalik dari telungkup ke telentang - Mempertahankan posisi
kepala tetap tegak - Meraih benda yang ada di dekatnya - Menirukan bunyi - Menggenggam
mainan - Tersenyum ketika melihat mainan . gambar yang menarik
JAGA KEHARMONISAN DALAM KELUARGA
Aktivitas yang Menumbuhkan Cinta dalam Keluarga
Sebagai orang tua, diperlukan kemampuan untuk megontrol emosinya dan meregulasi emosinya
dengan baik, sehingga anak memiliki contoh / panutan dalam kehidupan.
Orang tua yang mampu meregulasi emosinya akan lebih mampu untuk merespon anak atau kondisi
dari lingkungan sekitarnya Beberapa aktivitas seni yang bisa dilakukan sebagai cara menyalurkan
emosi adalah
- Membuat jurnal harian / diary
- Menggerakkan tubuh kita untuk menyalurkan emosi kita
- Merobek kertas pada saat emosi kita tidak baik 61
- Menuliskan hal yang membuat kita kesal dan meremasnya
- Mewarnai atau melukis
- Menghias kamar dan membuat ruangan yang nyaman untuk diri sendiri
- Menyanyi atau membaca puisi
- Bermain drama atau bermain peran
- Memotret Melalui aktivitas seni membuat imajinasi dan kreativitas anak berkembang. Kreativitas
- diperlukan dalam kehidupan, tidak terbatas untuk kegiatan kesenian saja, melainkan untuk
- menghadapi berbagai persoalan.
Bercerita adalah salah satu cara untuk meningkatkan kelekatan antara anak dan orang tua. Bercerita
menjadi menarik dan sehat untuk proses tumbuh kembang anak karena dapat - menghadirkan
imajinasi yang sehat,
menjelajah banyak pengalaman
- anak menjadi mampu berekspresi dengan sehat
- Suara dan tawa canda yang menyenangkan
- Banyak kosa kata yang hadir dalam proses bercerita
- Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan respon terhadap stimulus suara
- Meningkatnya kemampuan otak untuk mengolah cerita
- Kemampuan mendengarkan dan berempati Cerita dapat menjadi suatu kekuatan dalam
memberikan edukasi atau menyampaikan pesan.
Hal ini dapat dipakai dalam mengajarkan anak anak apa yang harus dilakukan saat menghadapi
bencana (cerita SMONG), pesan moral, perilaku sehat, dan lainnya. Tahukah.... Mendengarkan cerita
orang lain memberikan dampak positif seperti - Membangun hubungan yang baik 64 - Menunjukkan
rasa hormat - Menambah pengetahuan Apa yang harus dipersiapkan dalam menyampaikan cerita ?
1. Konten atau isi cerita yang kuat
2. Sesuai dengan karakteristik anak
3. Ceritanya sesuai dnegan kehidupan anak dan terasa "dekat" dengan anak
4. Cerita disampaikan dengan bahasa anak
5. Â Terdapat dinamika konflik yang bisa dimengerti anak - Cerita yang logis
6. Teknik B-M- I - Beginning ( Bagian awal dan berisikan keinginan
7. Middle (Konflik) --
8. Ending (Penyelesaian konflik)
9. Menghadirkan imajinasi dalam cerita
10. Ekspresi yang totalitas akan membuat cerita lebih memiliki rasa
11. Variasi suara ( jenis suara, intonasi, gerakkan mulut, pindahkan posisi lidah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H