Mohon tunggu...
Dea Meliana
Dea Meliana Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hobby traveling menyukai suatu tantangan dan senang untuk mencoba hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Outsourcing dalam Manajemen Operasional

21 Oktober 2022   22:41 Diperbarui: 21 Oktober 2022   23:14 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

STRATEGI OUTSOURCING DALAM MANAJEMEN OPERASIONAL

Outsourcing ialah memperoleh jasa atau barang dengan layanan ke pihak lain di luar  perusahaan. 

Menurut O’Brien dan Marakas (2010) outsourcing dalam arti luas ialah pembelian sejumlah barang atau jasa yang semula dapat dipenuhi oleh internal perusahaan tetapi sekarang dengan memanfaatkan mitra perusahaan sebagai pihak ketiga . 

Outsourcing ini telah banyak membantu perusahaan menjadi lebih efisien dengan focus melakukan yang terbaik.

Berdasarkan sumber dari O’Brien dan Marakas,2010 pertimbangan perusahaan memlih strategi outsourcing ini diantaranya :

  • Mengurangi dan mengontrol biaya operasional
  • Meningkatkan focus perusahaan
  • Mendapat akses pada kemampuan kelas dunia
  • Menyebar resiko
  • .Mempercepat keuntungan reengineering
  • Sumber daya internal dapat digunakan untuk hal lainnya
  • Biaya pengembangan sistem sangat tinggi
  • Resiko tidak kembalinya investasi yang dilakukan sangat tinggi
  • Ketidakpastian untuk mendapatkan sistem yang tepat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun