Sebelum membahas tentang strategi pemasaran, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu Kewirausahaan?
Menurut Soegoto, Kewirausahaan adalah usaha kreatif berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan memiliki nilai tambah serta memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya berguna bagi banyak orang.
Saat ini sudah banyak ditemui berbagai macam usaha yang dijalankan, mulai dari usaha makanan ringan, minuman, pakaian bahkan hingga jasa antar penumpang. Untuk membuat usaha menjadi lancar dan ramai diminati orang tentu membutuhkan strategi pemasaran yang jitu. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran kekinian yang cocok untuk berbagai bisnis.
1. Pemasaran Sosial Media
Berkembangnya internet di dunia termasuk di Indonesia membuat sosial media dipakai banyak orang untuk strategi promosi mereka, mulai dari mencari teman hingga mempromosikan usaha. Sosial media menjadi sarana yang paling jitu untuk memasarkan produk maupun jasa apapun. Fitur-fitur yang tersedia di berbagai sosial media saat ini sangat mendukung untuk memasarkan berbagai bisnis. Salah satu contoh sosial media yang sering menjadi langganan untuk berbisnis adalah Instagram.
Sosial media yang dikhususkan untuk mengunggah foto dan video ini sangat baik untuk berbisnis. Tidak hanya itu, penggunaan tagar dalam Instagram ataupun Tik Tok mampu untuk menjaring konsumen baru. Dengan adanya sosial media, pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.
2. Membuat Website
Selain menggunakan sosial media, membuat website menjadi strategi promosi yang tepat untuk memasarkan berbagai bisnis saat ini. Adanya website ini membuat bisnis yang dipromosikan menjadi lebih layak dan profesional.
Agar lebih profesional, si pemilik usaha tidak hanya menggunakan sosial media namun juga bisa menggunakan website. Hal ini bertujuan untuk membuat usaha yang digeluti orang tersebut dikenal banyak orang dan bisa dicari di mesin pencari seperti Google. Membuat website sebagai strategi pemasaran bisa dibilang gampang-gampang susah.
3. Penjualan Melalui Marketplace
Tidak hanya sosial media saja yang ramai digunakan akibat berkembangnya internet, kemunculan marketplace juga menjadi imbas perkembangan internet. Tidak hanya satu situs saja yang berkembang di Indonesia, namun ada sekitar puluhan bahkan ratusan marketplace.
Setiap marketplace juga memiliki fitur sendiri-sendiri yang berbeda. Menggunakan marketplace menjadi strategi promosi yang tepat karena di marketplace bisnis yang dijalankan bisa dipasarkan dengan kategori tertentu.
Contohnya ada seseorang yang memiliki bisnis jual beli motor, maka motor yang dipasarkan di marketplace ini akan masuk ke kategori motor. Dengan memasarkan sesuai kategori, maka orang akan mencari barang dengan mudah.
4. Membuat Video Promosi Melalui Youtube
Mendengar kata Youtube tentu yang terbayang adalah platform yang berisi banyak video dengan berbagai kategori. Misal kategori gaming, horror, vlog, dan lain-lain. Tidak hanya sebagai media untuk membuat konten, Youtube menjadi sarana yang tepat untuk menjadi strategi promosi untuk usaha. Hal ini dikarenakan video lebih mudah menarik perhatian orang dibandingkan dengan teks.
Video untuk promosi juga bisa menggunakan berbagai metode, mulai dari durasi yang panjang, video promosi dengan animasi, dan lain-lain. Hal yang paling penting dari pemasaran dengan video promosi ini adalah bagaimana video yang dibuat dapat menarik perhatian orang.
5. Endorsement Kepada Selebgram
Dengan perkembangan internet dan juga Instagram membuat orang-orang dengan followers banyak di Instagram menjadi pusat perhatian. Istilah kekinian untuk orang-orang seperti itu adalah selebgram atau selebriti instagram. Adanya para selebgram ini sangat memudahkan untuk menjadi strategi promosi produk melalui cara endorsement.
Para selebgram ini bisa dihubungi melalui pesan di Instagram atau direct message untuk bertanya mengenai harga endorsement. Endorsement dalam Instagram juga memiliki nama lain yaitu paid promote atau promosi berbayar. Jadi dengan adanya endorsement, usaha yang dijalankan akan semakin dikenal banyak orang karena dipromosikan oleh selebgram.
6. Membuat Spanduk atau Brosur Menarik
Tentunya di jalan raya sering ditemukan beberapa spanduk menarik yang bisa membuat seseorang tergelitik atau takjub dengan spanduk tersebut. Ada juga spanduk yang dikibarkan di jalanan dengan jumlah banyak tiap meternya. Hal tersebut menjadi contoh strategi promosi yang unik namun menyebalkan. Cara seperti ini bagai pisau bermata dua, bisa menguntungkan dan bisa saja merugikan.
7. Memahami Target Pasar Produk
Sebelum melakukan strategi promosi di atas, tentunya para pengusaha harus paham produk yang dipromosikan ini akan menyasar ke kalangan mana. Contohnya jika kalangan muda menjadi sasaran produk, maka pemasaran via sosial media seperti Instagram, Facebook maupun Tik Tok bisa menjadi pilihan.
8. Masuk ke Komunitas Sesama Pebisnis
Dalam menjalankan bisnis tentu tidak bisa sendirian, setidaknya seorang pebisnis harus membutuhkan rekan sesama pebisnis. Adanya rekan sesama pebisnis ini bertujuan untuk saling berbagi mengenai bisnis yang dijalankan, berbagi tips promosi, serta tidak jarang berkolaborasi untuk membuat usaha baru.
Kesimpulan
Itulah beberapa strategi pemasaran yang harus diketahui jika ingin memulai sebuah bisnis atau usaha. Pemasaran adalah hal penting dalam berbisnis. Jika ingin mempunyai bisnis yang maju dan sukses sangat perlu mengetahui terlebih dahulu strategi dalam berbisnis.
Sumber referensi:
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H