Mohon tunggu...
Detada Goestinanda
Detada Goestinanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - aktif

hai nama aku detada goestinanda, Aku mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Opening Ceremony Youth Communication Day

20 Desember 2021   20:45 Diperbarui: 20 Desember 2021   21:32 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hybrid Communication
Komunikasi Hibrida menghubungkan dua jenis pekerja yang sangat berbeda. Di kantor dan karyawan jarak jauh, evolusi komunikasi hybrid harus cepat untuk memenuhi kebutuhan dunia pasca covid 19 modern. Cara komunikasi baru ini memungkinkan karyawan untuk memilih dari mana mereka bekerja. Pada hari yang sama, mereka dapat memilih untuk bekerja dari kantor dan pada hari lain, dapat bekerja dari rumah.
Oleh karena itu perbedaan di antara 5 model hibrida dijelaskan sebagai:

1. Hibrida statis
Setiap rekan satu tim memiliki e lokasi kerja yang tetap, baik di kantor maupun di rumah.
2.Hibrida dinamis
Karyawan memutuskan dari mana mereka bekerja, di kantor atau dari jarak jauh.
3.Hibrida yang disinkronkan
Anggota tim bekerja dari jarak jauh dan di kantor, tetapi mereka datang ke kantor pada waktu yang sama.
4.Digital default
Pekerja dapat bekerja dari mana saja mereka inginkan tanpa ada ekspektasi apapun. Kadang-kadang, model ini disebut "model pertama-jauh".
5.Hibrida terdistribusi penuh
Model ini disebut sebagai sepenuhnya remote.

Memilih model hibrida yang sesuai tergantung pada ukuran perusahaan, pengaturan, dan kebutuhan spesifik. Karena tidak semua bisnis tidak memiliki komponen yang sama, pilihan model kerja hybrid tidak sama. Yang paling bermanfaat bagi sifat pekerjaan harus menjadi pertimbangan utama.
Ini adalah mode komunikasi hybrid

* Komunikasi sinkron
Terjadi secara real time dan dimaksudkan untuk memberikan tanggapan segera. Mayoritas komunikasi di lingkungan kantor yang khas adalah sinkron. Contoh komunikasi sinkron adalah
a) Percakapan tatap muka
b) Panggilan telepon
c) Konferensi video
d) Pesan instan

* Komunikasi asinkron
Biasanya tidak terjadi secara real time karena adanya jeda waktu antara penyampaian informasi dan penerimaan informasi.
Tidak ada masalah dalam penjadwalan, tidak seperti komunikasi sinkron.

Contoh komunikasi asinkron adalah:
a) Email
b) Faks
c) Aplikasi obrolan tim
d) Alat kolaborasi platform
e) Bagikan dokumen
f) Pesan video

Keuntungan dari komunikasi hybrid
* Peningkatan produktivitas
Mode kerja jarak jauh memungkinkan karyawan untuk lebih fokus dan mengurangi stres. Waktu perjalanan, waktu berdandan dan bangun pagi hampir tidak menjadi perhatian lagi.
Pada pembuangan karyawan, dia dapat mulai bekerja kapan saja.
* Lebih banyak fleksibilitas
Membiarkan karyawan pengaturan kerja yang fleksibel adalah salah satu dorongan moral yang paling indah pada majikan dapat diperpanjang. Karena ketersediaan berbagai alat dan aplikasi komunikasi, seorang karyawan dapat tetap berhubungan dengan orang-orang yang berkepentingan bahkan ketika pekerjaan dilakukan di rumah.
* Kepercayaan di antara karyawan
Kurangnya kepercayaan dan miskomunikasi dapat menjadi masalah serius terutama dalam tim yang tersebar membangun hubungan yang bermakna.
Menjadi lebih mungkin terutama ketika komunikasi dilakukan setiap hari.
Memiliki seseorang di perusahaan yang mempercayai Anda, membuat Anda merasa dipahami atau diperhatikan membangun sistem pendukung yang lebih kuat.
* Peningkatan kolaborasi
Komunikasi internal mempengaruhi efisiensi pemain tim saat mengerjakan sebuah proyek. Bahkan ketika para anggota belum bertemu satu sama lain, mereka menjadi lebih nyaman untuk berkolaborasi. Tim yang tersebar memikul tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan karena komunikasi hibrid memastikan kolaborasi yang tepat waktu.
* Komitmen karyawan
Karyawan merasa lebih nyaman bekerja satu sama lain terutama ketika tidak ada tekanan dari karyawan lain. Seseorang menjadi lebih berkomitmen ketika ada kepercayaan dan kolaborasi.
* Peningkatan kinerja karyawan
Kinerja karyawan berkembang pesat ketika saluran komunikasi terbuka.
Ini memberdayakan ketika Anda merasa Anda adalah bagian dari tim yang hebat.
Ini mengarah pada upaya untuk mencapai kesempurnaan. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh kesejahteraan dan keterlibatan.

Lima elemen penting dari kesejahteraan
1. Tujuan
Menyukai apa yang Anda lakukan setiap hari dan termotivasi untuk mencapai tujuan Anda.
2. Sosial
Memiliki hubungan dan cinta yang mendukung dalam hidup Anda.
3. Keuangan
Mengelola kehidupan ekonomi Anda untuk mengurangi stres dan meningkatkan keamanan.
4. Komunitas
Menyukai tempat tinggal Anda, merasa aman dan bangga dengan komunitas Anda.
5. Fisik
Memiliki kesehatan dan energi yang cukup untuk menyelesaikan berbagai hal setiap hari.

Hambatan untuk komunikasi hibrid yang efektif
1. Kehilangan kantor fisik
2. Bias karyawan yang tidak disadari
3. Dilusi budaya perusahaan
4. Tempat kerja tertutup
5. Kurangnya transparansi
6. Kesejahteraan karyawan

Kesimpulan "Apa yang kita harapkan di masa depan?"

o Tempat kerja hibrida
o Karyawan hibrida
o Komunikasi hibrid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun