Penilaian pada pembelajaran bukan hanya untuk murid saja, namun juga bagi pengajar, sekolah, orang tua dan bahkan pihak-pihak lainnya yang terkait. Dengan adanya penilaian, murid bisa mengetahui taraf keberhasilan terhadap belajarnya.Â
Pengajar juga bisa mengetahui taraf keberhasilannya pada menaruh materi pembelajaran dan mengorganisasikan pembelajaran menggunakan dengan mengetahui data belajar murid dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, maka pengajar bisa mempertimbangkan langkah-langkah yang perlu dilakukan buat proses belajar mengajar selanjutnya, pengajar bisa menentukan metode dan teknik pembelajaran yang akan diatur pada kelompok-kelompok atau akan diberikan tugas serta bimbingan secara individual.Â
Bagi pemimpin sekolah atapun madrasah, penilaian bisa digunakan menjadi bahan laporan, khususnya pada orang tua murid. Lebih lanjut penilaian belajar murid dalam suatu sekolah ataupun madrasah bisa di jadikan tolak ukur keberhasilan pendidikan yang dilaksanakan oleh sekolah ataupun madrasah tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H