Mohon tunggu...
Dea Putri Sihotang
Dea Putri Sihotang Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keseruan Mengikui Geladi Homisasi di UNPAR

26 November 2022   10:51 Diperbarui: 26 November 2022   10:54 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Awal mulai geladi Hominisasi saya melihat banyak teman baru yang belum saya kenal, saya bertemu juga dengan beberapa dosen yang belum saya kenali. Proses awal geladi ini saya diajak untuk masuk kedalam breakout room, didalam room ini semua teman kelompok saya mulai berkenalan satu sama lain. Perkenalannya mulai dari nama, jurusannya apa, asalnya darimana, dan diroom itu juga menentukan siapa yang akan menjadi ketua kelompok dan Notulennya. 

Setelah itu, sembari menunggu kembali ke room utama kelompok saya sudah mulai akrab kepada satu sama lain mereka seru, asik juga suka bercanda. Di zoom utama setiap kelompoknya diberikan tugas dan kelompok saya mendapat tugas temanya "Hari Toleransi Internasional", di breakout room itu kelompok saya sangat berantisipasi untuk mengeluarkan ide ide mereka sesekali juga di kelompok saya ada yang bercanda supaya breakout room itu ga begitu menegangkan begitu selesai berdiskusi hasilnya kami presentasikan didepan dosen saya. Setelah selesai berdiskusi dengan dosen ternyata kelompok saya tidak lolos ke top final.

Mengikuti geladi Hominisasi ini saya jadi tahu pentingnya mengetahui tentang logika dan bahasa, logika itu mempunyai tujuan untuk membimbing manusia supaya mempunyai pemikiran yang benar, logis, dan sistematis. Ada contoh manfaat dari sistematis itu yaitu, mempertajam daya pikir kita dan mengembangkannya bisa melalui latihan berpikir, hingga nantinya kita jadi mampu untuk menganalisis dan mengungkap permasalahan secara runtut dan ilmiah. Bahasa juga sangat penting untuk pembentukan penalaran ilmiah, karena penalaran ilmiah mempelajari bagaimana caranya menyusun uraian yang tepat dan sesuai dengan pembuktian pembuktian secara benar dan jelas.

Setelah mengikuti geladi Hominisasi ini saya jadi tahu ternyata ada banyak sekali manfaat kalau saya mengikuti geladi ini saya sangat senang karena saya jadi mempunyai pengalaman baru bagaimana rasanya berpendapat, presentasi, dan berdiskusi dengan dosen, bisa bertemu dan berkomunikasi juga dengan teman baru, mendapatkan ilmu ilmu/wawasan baru dari tema kelompok yang lain, jadi lebih sadar untuk mengetahui bagaimana cara menghargai teman saya atau dosen lainnya yang sedang berbicara, menghargai keberagaman yang ada di Indonesia dengan ciri khasnya masing masing.

Kemampuan yang saya dapat dari Geladi Hominisasi akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah adalah bagaimana cara saya untuk berpresentasi yang baik dan benar, menggunakan bahasa yang baik dan formal, saya mencoba untuk percaya diri didepan teman saya dan didepan dosen saya seperti dengan menggunakan gerakan gerakan tangan agar bisa menarik perhatian, dan saya menguasai materi yang akan saya bahas terlebih dahulu, saya juga meningkatkan kemampuan saya agar selalu berpikir kritis dan objektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun