Pengertian Pembelajaran Bahasa Indonesia
Belajar adalah proses di mana peserta didik melakukan berbagai tindakan dan perilaku untuk memperoleh perubahan dalam tingkah laku secara menyeluruh. Proses ini terjadi melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Sementara itu, pembelajaran mengacu pada cara membantu peserta didik agar belajar dengan lebih mudah dan termotivasi secara mandiri untuk mempelajari hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan dan kurikulum.
Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Kesadaran akan hal ini sangat diperlukan, terutama bagi para guru bahasa dan pengajar lainnya. Dalam menjalankan tugasnya, guru bahasa harus memahami bahwa tujuan utama dari pembelajaran bahasa adalah untuk mengembangkan keterampilan berbahasa siswa, meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
Dengan kata lain, pembelajaran bahasa bertujuan agar siswa memiliki kompetensi berbahasa yang baik. Kompetensi ini memungkinkan mereka berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Siswa diharapkan mampu menjadi pendengar dan pembicara yang baik, pembaca yang memahami isi bacaan, serta penulis yang terampil. Untuk mencapai tujuan ini, guru harus menggunakan bahasa dengan benar agar menjadi contoh yang baik bagi siswa.
Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat penting bagi manusia. Bahasa membedakan manusia dari makhluk lain karena berfungsi sebagai sarana utama dalam berkomunikasi. Dalam masyarakat, setiap individu berperan baik sebagai pembicara maupun pendengar. Pergantian peran ini terjadi secara alami dalam komunikasi sehari-hari.
Bahasa dapat dilihat dari dua sisi, yaitu teknis dan praktis. Secara teknis, bahasa adalah serangkaian ujaran yang bermakna, dihasilkan oleh alat ucap manusia. Secara praktis, bahasa adalah alat komunikasi berupa sistem lambang bunyi yang memiliki makna, dihasilkan dari alat ucap manusia. Dari pengertian ini, bahasa terdiri atas dua aspek: sistem lambang bunyi dan makna. Sistem bunyi ini hanya ada pada bahasa lisan, sedangkan dalam bahasa tulis, sistem bunyi tersebut direpresentasikan melalui huruf-huruf sebagai lambang.
Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia adalah proses panjang yang dilalui siswa untuk memahami dan menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua setelah bahasa ibu. Kompetensi yang harus dikuasai dalam pembelajaran ini mencakup empat keterampilan utama: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
Siswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan benar dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis, untuk berkomunikasi dalam berbagai situasi.
2. Menghargai Bahasa Indonesia