Mohon tunggu...
Daylen S
Daylen S Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa fakultas ekonomi, jurusan manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Inovasi dan Pengembangan Produk Baru yang Dilakukan Oleh Produsen Gitar

30 Mei 2022   14:39 Diperbarui: 30 Mei 2022   15:11 973
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tentu dalam sebuah bisnis, sudah wajar jika bisnis memiliki kompetitor di dalam bidang yang sama dan serupa. Lalu, bagaimana cara agar bisnis dapat bertahan jika terdapat banyak kompetitor di dalam bidang yang sama? Apa saja yang perlu dilakukan agar bisnis dapat bertahan dan bahkan menjadi yang lebih unggul dibandingkan dengan yang lainnya.

Salah satu cara membuat bisnis agar tetap berjalan, dan dapat bersaing dengan kompetitornya adalah dengan melakukan sebuah inovasi, dan juga mengembangkan produk baru.

Tentu untuk melaksanakan inovasi dan pengembangan produk baru, kita harus mengetahui pengertian nya. Berikut adalah pengertian menurut para ahli.

Menurut Drucker (2012) dalam Makmur dan Thahier (2015), inovasi merupakan alat spesifik bagi perusahaan dimana dengan inovasi dapat mengeksplorasi atau memanfaatkan perubahan yang terjadi sebagai sebuah kesempatan untuk menjalankan suatu bisnis yang berbeda.

Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller "pengembangan produk adalah strategi untuk pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk baru atau yang dimodifikasi ke segmen pasar yang sekarang".

Setiap bisnis tentu perlu melakukan Inovasi agar dapat bertahan dan mampu bersaing dengan kompetitor bisnis lainnya. Inovasi dapat berupa hal-hal baru yang dituangkan kepada suatu produk yang sudah ada, yaitu dapat berupa menambahkan hal baru, dan juga menyempurnakan produk yang sudah ada. Sedangkan pengembangan produk baru, adalah Ketika sebuah ide, yang ternyata dapat dijadikan sebuah produk yang baru.

Tentu dalam bisnis, salah satu tantangan terbesar terdapat pada rival bisnis, khususnya yang menawarkan produk atau jasa yang serupa. Apa yang membuat konsumen lebih memilih membeli produk A dibandingkan dengan produk B, padahal Produk A dan B menawarkan produk atau jasa yang sama.

Kali ini produk yang akan dibahas adalah Alat musik gitar. Gitar merupakan alat musik yang dapat dimainkan dengan cara dipetik, digenjreng, dan lainnya. Terdapat 2 kategori utama untuk gitar, yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Dan kali ini akan memfokuskan kepada gitar akustik.

Gitar akustik adalah gitar, yang dapat menghasilkan suara dengan sendirinya, tanpa perlu bantuan alat lainnya. Berbeda dengan gitar listrik yang perlu bantuan elektronik agar dapat menghasilkan suara.

Terdapat banyak merek gitar yang beredar di Indonesia. Dari merek luar negeri bahkan merek lokal sekalipun. Tentu saja, merek luar negeri akan lebih laris, terlebih karena merek yang sudah lama beroperasi, dan juga citra merek yang sudah terbangun baik. Masyarakat Indonesia cenderung memperhatikan merek sebuah produk. Lalu bagiamana cara gitar lokal dapat bersaing dengan gitar-gitar merek ternama, dan apa yang membuat sebuah merek lebih unggul dibandingkan dengan merek yang lainnya. Apa yang membuat merek tersebut lebih unggul dibandingkan merek yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun