Mohon tunggu...
Sandri Saputra
Sandri Saputra Mohon Tunggu... Freelancer - Writers

Hobi menulis tapi kadang membaca. Hahaha, tapi tulisan-tulisan didalam sini sesuai dengan fakta dan data yaa..

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ini 5 Strategi Bisnis Bikin Omset Auto Melejit

22 November 2024   13:15 Diperbarui: 22 November 2024   13:35 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Tangga Bisnis : freepik

Setiap pebisnis pasti ingin bisnisnya berkembang dengan hasil maksimal, tapi sayangnya malah sering salah strategi. Hal Itu bisa terjadi karena pebisnis hanya fokus pada calon customer, ujung-ujungnya omset malah tidak stabil dan bahkan minus.Bagi kamu yang lagi cari referensi buat naikin omset, strategi ini bisa kalian coba


Lima cara cepat ini bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan profit.

1. Meningkatkan number of leads/ prospek, usaha pertama yang harus dilakukan pertama kali oleh seorang pengusaha dalam memajukan bisnisnya adalah dengan meningkatkan calon pelanggan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prospek tersebut, yaitu promosi, keterlihatan dalam segi bentuk dan variasi, dan referral yaitu feedback dari pelanggan.

2. Tingkat konversi, yaitu bagaimana mengubah calon pelanggan menjadi pembeli, faktor yang dapat meningkatkan konversi yaitu, produk yang ditawarkan sesuai dengan yang dibutuhkan/ diinginkan pelanggan, value for money atau nilai yang ditawarkan produk sesuai dengan harga yang dibayar, kemudahan dalam bertransaksi, dan customer service yang memuaskan. Hal yang harus diperhatikan adalah sales skills, bagaimana cara kita menawarkan produk dan mempengaruhi customers.

3. Meningkatkan transaksi/bulan, bisa disebut juga dengan repeat order. Bagaimana membuat pelanggan melakukan transaksi berulang pada produk tertentu di toko yang sama. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah, kepuasan produk, monopoli atau ketersediaan stabil, variasi produk yang banyak. Kita juga bisa memperhatikan database atau membuat komunitas untuk pelanggan/ sales.

4. Meningkatkan rata-rata jumlah pembelian/ transaksi, yaitu fokus membuat satu pelanggan meningkatkan pembelian pada transaksi yang dilakukan. Faktor yang mempengaruhi adalah promosi bundle, cross sell, atau up sell, bisa dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan eksternal vendor.

5. Meningkatkan margin atau persen keuntungan dari omset, ini adalah hal yang paling diinginkan oleh semua pengusaha, bagaimana meningkatkan pemasukan dan menekan pengeluaran. Naiknya margin merupakan dampak dari efisiensi atau penghematan operasional, efektifitas atau merampingkan alur/ proses bisnis, produktivitas dengan meningkatkan kerja karyawan, dan meningkatkan value barang.

Dengan menggabungkan berbagai strategi ini, kamu dapat meningkatkan profit secara efektif dan berkelanjutan. Selalu lakukan analisis berkala untuk menilai efektivitas pada setiap strategi dan disesuaikan jika diperlukan.

Penulis : Hilya Fijra

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun