Mohon tunggu...
Muhammad Dawam Yusuf S.
Muhammad Dawam Yusuf S. Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Kerja dan Belajar

Suka apapun yang berhubungan dengan konten, dan juga jujur dalam segi apapun.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa Unipdu Edukasi Pemasaran pada Sentra Nasi Pecel Sumbermulyo

18 September 2020   07:11 Diperbarui: 18 September 2020   07:13 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Perencaan Bisnis sangatlah diperlukan jika suatu Lembaga kecil atau besar, perseorangan sekalipun ingin memulai kegiatan bisnisn dianjurkan untuk merencanakan bisnisnya terlebih dahulu, sebagai bentuk pondasi Analisa, Konsep, dan Eksekusi sebuah Bisnis, dalam Waktu ini saya menggunakan Perencanaan Bisnis dengan cara Bisnis Model Canvas yang biasa disebut BMC. Cara merencanakan Bisnis dengan BMC ini sangatlah efisien dan fleksibel sesuai dengan kondisi dan siap menyiapkan Langkah untuk menjalankan bisnis.

Pemasaran juga menjadi ujung tombak pada suatu kegiatan Bisnis, Peada pemasaran ini tidak jauh dari konsep strategi pemasaran, branding, dan bagaimana konsem tertarik dengan produk kita.

UMKM adalah Usaha Makro Kecil Menengah dan pengertian dari UMKM adalah Usaha milik masyrakat yang notabene nya Startup atau pada tahap MEMULAI dan bisa juga masih memiliki penghasilan serta modal yang tidak besar, tidak hanya modal melainkan bentuk bisnisnya juga masih belum kompleks sistem nya .
SIngkatnya, perencanaan Bisnis adalah hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis, berisi tentang siapa saja orang yang dilabatkan, bagaimana target konsumennya, masalah apa yang dialami konsumen, solusi apa yang ditawarkan, dsb, terlebih nama usaha dan dasar-dasar Organisasi nya sebuah usaha itu.
Pemasarah sederhana meliputi beberapa Point yaitu penentuan STP dan Branding .

STP adalah alat Pemasaran yang sangat optimal sebagai pondasi membentuk suatu sudut pandang konsumen, dan Branding adalah Nilai pelengkap dalam Pemasaran karena kurang lebih Branding membuat Produk atau Solusi yang ditawarkan atas Masalah yang terjadi dibungkus dengan Menarik, isi Branding Meliputi Logo, Nama, Deskripsi Produk yang menarik, Ciri Khas, Jargon, dsb .

NIM : 3117074
Kelas : 6A1
Prodi : Administrasi Bisnis
Fakultas : Fakultas Bisnis dan Bahasa

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun