Analisis swot sangatlah di butuhkan oleh perusahaan-perusahaan, demi mencapainya suatu target bisnis yang telah ditetapkan, model analisis ini sudah lama diterapkan oleh berbagai perusahaan semenjak pertama kali kira-kira pada tahun 1990 an, berikut ini kita akan mengenali analisis swot lebih lanjutanya. Swot adalah kependekatan kata dari Strenght, weakness, opportunities dan threats. jadi maksudnya adalah setiap praktik bisnis yang kita kelola apabila tidak direncanakan secara matang maka tidak akan mencapai suatu kesuksesan tujuan.Â
semua pelaku bisnis, peruahaan pasti memiliki tujuan yang ingin dicapainya, tanpa melakukan strategi yang jelas maka akan sulit sekali untuk mewujudkan hal itu, teknik analisis swot ini bukan hanya bermanfaat bagi perusahaan saja melainkan bermanfaat pula bagi bisnis kelompok atau bisnis perseorangan, misalnya jika hendak mewujudkan impian pekerjaan  atau karir. dan juga ada unsur-unsur swot yakni, swot akan memetakan suatu planing atau rencana yang lebih jeli, lebih matang, dan lebih efektif efisien. Â
unsur yang pertama adalah strenght (kekuatan), anda sebagai pengusaha harus bisa mengenali dan memahami kekuatan terbesar dalam bisnis yang anda kelola, proses pengenalan dn pemahaman seperti ini, akan menghasilkan sejumlah bahannatau temuan yang diharapkan berpengaruh positif dalam bisnis yang sedang anda kelola.Â
yang kedua, weaknes (kelemahan) yakni, setiap apapun model bisnis yang kita kelola pasti akan mempunyai sebuah kelemahan, meskipun kita nampak sempurna masih ada celah-celah yang berpotensi menyebabkan kesalahan yang akan merugikan nantinya, maka analisis pengidentifikasian kelamahan bisnis atau perusahaan yang sedang anda kelola, anda dapat mencarinya dengna mengajukan beberapa pertanyaan kemudian anda akan mengetahui hasilnya, pertanyaannya meliputi, apa yang wajib ditingkatkan dalam bisnis anda? kemudian apa saja faktor penyebab kerugian perusahaan anda? dll.Â
kemudian yang ketiga opportunities(peluang) yakni sebagai pemilik peruahaan atau pembisnis segala macam peluang akan diambil demi perkembangan dimasa yang akan datang, guna memajukan perusahaan dan meningkatkan nilai jual produk kita. keempat, threats yakni, semua jenis bisnis yang kita kelola pasti akan ada suatu ancaman, yang nantinya akan menumbangkan perusahaan kita, oleh karena itu kita harus menganalisis dengan beberapa pertanyaan berikut; yang pertama, kendala apa saja yang di hadapi perusahaan ? kedua, Apa saja solusi yang telah dilakukan demi memutuskan kendala tersebut ? dll.Â
kemudian Analisis industri adalah suatu bidang yang menggunakan keterampilan dari seseorang, dan ketekunan dalam menjalankan suatu pekerjaannya. dengan menggunakan alat-alat pekerjaanya di bidang pengelolaan hasil bumi, dan distribusi. maka pada umumnya istilah industri ini dikenali sebagai mata rantai guna mencukupi kebutuhan perekonimian kita yang berhubungan dengan bumi, contonya pertanian, perkebunan, pertambangan dan yang lainnnya yang berhubungan dengan tanah. Â analisis industr ini mencerminkan sebuah potensi atau kelebihan maupunn kekurangan dalam sebuah bisnis, dalam rangka usaha pencapaian laba. Â dan tujuan analisis seperti ini, yakni menentukan posisi dari sebuah perusahaandalam suatu lingkup industri agar perusahaan tersebut dapat memertahankan diri dari kekuatan yang saling berinteraksi yang nantinya akan mempengaruhi kekuatan tersebut dari keuntungan perusahaan.Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H