Agar suatu perusahaan yang kita kelola sesuai dengan harapan dan sesuai dengan tujuan yang kta inginkan, maka seorang wirausaha harus mempunyai perencanaan bisnis yang matang atau bias disebut Business plan. yakni rencana bisnis yang menyatakan sebuah keyakinan akan kemampuan pembisnis guna menjual barang atau jasa untuk mencari sebuah laba atau keuntungan bagi pembisnis.Â
jadi seorang pembisnis harus memiliki perencanaan sebelum mengelola bisnisnya, dn disini ada beberapa hal yang harus direncanakan oleh pengusaha dalam menjalankan bisnisnya, antara lain: pertama, membuat deskripsi bisnis maksutnya ialah bidang usaha apa yang akan kita kelola dan kita kembangkan nanti, dalam potensi ini semua karyawan yang terlibat harus faham dan mengerti tentang tugasnya masing-masing dari sebuah bisnis yang dikelola tersebut kedua, Â
analisa pasar strategi pemasaran yang akan dilakukan hendaknya telah dilakukan secara cermat, karena ini merupakan point penting, analisa pasar merupakan analisis dari kebutuhan pasar, dan harus sepadan dengan bisnis yang akan kita kelola nantinya kemudian yang ketiga membuat analisa pesaing, yakni seorang pengusaha harus tau kekuatan dan kelemahan pesaing dalam suatu pasar yang sama. jadi seorang pengusaha sebelum mengelola bisnisnya mereka haruslah merencanakan sebaik-baiknya dan se teliti mungkin,Â
merencanakan apa yang mau di kelola menjadi sebuah usha, merencanakan keuangan yang dibutuhkan, merencanakan sdm yang akan dibutuhkan, merencanakan peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan, merencanakan tempat yang strategis untuk membuka sebuah usaha dll. tanpa adanya perencanan yang matang maka usaha yang di kelola akan mati di tengah jalan dan bisa mengalami kebangkrutan serta berdampak kerugian.Â
anda sebagai seorang pengusaha harus mempunyai rencana bisnis yakni, pertama, bisnis yang akan dikelola. kedua, mengetahui struktur dari perusahaan yang dikelolanya. ketiga, mendapatkan kejelasan atau informasi yang sangat detail dan jelas mengenai perkembangan pasar di suatu tempat itu. keempat, tau tata cara memasarkan bisnis atau prodak yang dikelola. kelima, mempunyai ide atau pengetahuan awal, ide yg bertujuan untuk mengembangkan serta memajukan produk yang kita jual. keenam, mengetes perhitungan bisnis. ketujuh, mempertajam sistem operasional dan dan mengenal pesaing dalam lingkup pasar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H