Mohon tunggu...
Daviq Afrizal
Daviq Afrizal Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Saya mempunyai hobi bermain futsal atau sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Review Hasil Pembahasan Karya Ilmiah dan Korelasinya dengan Teori Psikologi

17 Desember 2024   13:50 Diperbarui: 17 Desember 2024   13:44 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Review Hasil Pembahasan Jurnal dan Korelasinya dengan Teori Psikologi

Hasil penelitian yang telah ditulis dalam karya ilmiah yang berjudul Efektivitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan dengan Mind Mapping bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika Diukur dengan Korelasi, oleh Rina Wijayanti, Purwaning Budi Lestari, dan Rochsun menunjukkan bahwa metode Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Psikologi Pendidikan. Nilai rata-rata pretes mahasiswa adalah 64, sedangkan nilai postes meningkat menjadi 88. Analisis korelasi menunjukkan nilai sebesar 0,763 dengan p-value 0,008, yang menandakan hubungan positif yang sangat kuat antara penggunaan metode Mind Mapping dan hasil belajar mahasiswa. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang melibatkan aspek visual, organisasi konsep, dan diskusi kelompok memberikan dampak signifikan pada pemahaman mahasiswa terhadap materi yang bersifat teoritis.

Adapun korelasinya dengan teori-teori yang ada, temuan penelitian ini sejalan dengan beberapa teori dalam psikologi pendidikan, di antaranya:

1. Teori Konstruktivisme oleh Jean Piaget: 

Menurut Piaget, pembelajaran efektif terjadi ketika individu dapat membangun pemahaman mereka sendiri berdasarkan pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Metode Mind Mapping memungkinkan mahasiswa untuk membangun pemahaman secara aktif melalui penyusunan peta konsep, sehingga mendukung proses konstruksi pengetahuan yang lebih mendalam.

2. Teori Pembelajaran Visual oleh Howard Gardner (Teori Kecerdasan Majemuk): 

Gardner menyatakan bahwa individu memiliki jenis kecerdasan yang berbeda, salah satunya adalah kecerdasan visual-spasial. Metode Mind Mapping memanfaatkan kecerdasan visual ini dengan menyusun informasi dalam bentuk peta konsep yang menarik, sehingga membantu mahasiswa untuk memahami dan mengingat materi dengan lebih baik.

3. Teori Pemrosesan Informasi: 

Teori ini menyatakan bahwa informasi yang disusun dan diorganisir dengan baik lebih mudah diproses dan disimpan dalam memori jangka panjang. Mind Mapping menyediakan struktur visual yang sistematis dan jelas, yang membantu mahasiswa mengorganisir informasi dan meningkatkan retensi materi.

Dengan demikian, penerapan metode Mind Mapping mendukung berbagai teori psikologi pendidikan yang menekankan pentingnya pembelajaran aktif, visualisasi, dan organisasi informasi dalam meningkatkan pemahaman serta hasil belajar mahasiswa. Selain itu, metode ini menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan, yang berkontribusi pada peningkatan motivasi belajar mahasiswa.

Kesimpulannya yakni, berdasarkan hasil penelitian dan korelasinya dengan teori psikologi pendidikan, dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa, tetapi juga mendukung teori-teori pembelajaran seperti konstruktivisme, pemrosesan informasi, dan kecerdasan majemuk. Penggunaan metode ini memberikan manfaat signifikan dalam menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, sistematis, dan menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun