Mohon tunggu...
David NurHadi
David NurHadi Mohon Tunggu... Mahasiswa/Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Saya seorang mahasiswa program studi manajemen di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Mempromosikan dan Menjual Produk Kopi pada Coday Coffee Roastery

17 Maret 2025   21:21 Diperbarui: 17 Maret 2025   21:20 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Coday Coffee Lab & Roaster(Sumber: google maps)

Coday Coffee Lab & Roastery merupakan tempat sekolah barista, roastery dan pengolahan biji kopi yang beralamat di Jl. Ahmad Wahid, Mantup, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55197. Pada pengolahan biji kopi, yaitu Coday Coffee Roastery menghasilkan beberapa produk kopi yang tersedia untuk dijual. Produk kopi yang dimiliki oleh Coday Coffee Roastery diantaranya Biji Kopi: Aceh Gayo, Avatara Gayo, Avatara CM Natural, Avatara Bluemusara, Avatara Anaerob, Toraja Sapan, Mamasa, Wae Rebo Flores, Sunda Aromanis, Qirani, Janitra, Wismaya, Wajaprani, Temagnggung, Jawa Barat, dan Malabar, serta memiliki kopi bubuk: Kopi Joss Angkringan Jogja, dan Negari. Produk yang dimiliki akan terus bertambah dan terbarui sesuai dengan permintaan dan perkambangan pasar.

Penjualan yang dilakukan pada Coday Coffee Roastery awalnya hanya melalui toko offline dan sebagai pemasok di salah satu coffeeshop. Melalui penjualan offline, toko Coday Coffee Roastery bisa mengenalkan produknya dengan ruang lingkup yang kurang luas dan menyebar. Sadarnya akan persaingan yang ketat dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka perlu adanya perubahan yang dilakukan agar meraih ruang lingkup yang lebih luas.

Penggunaan media sosial dijadikan sebagai alat utama untuk mempromosikan dan menjual produk dari Coday Coffee Roastery. Menurut Cross (dalam Dharma 2023), definisi dari media sosial: “Kata “media sosial” mengacu pada bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk menggabungkan orang dalam semangat kerjasama, memfasilitasi berbagi informasi, dan menumbuhkan komunikasi melalui konten pesan berbasis web.

TikTok Codaycoffee.roastery (sumber : codaycoffe.roastery)
TikTok Codaycoffee.roastery (sumber : codaycoffe.roastery)

TikTok sebagai salah satu sarana media sosial yang digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk dari Coday Coffee Roastery. Penggunaan aplikasi media sosial TikTok dipilih karena banyaknya informasi dan pengguna dari media sosial tersebut. Coday Coffee Roastery memiliki akun TikTok dengan nama pengguna @codaycoffee.roastery, pada akun tersebut digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk. Penjualan produk dilakukan melalui siaran langsung pada TikTok Live dan keranjang kuning pada TikTok Shop. Selain e-commerce TikTok Shop ada juga Tokopedia, dan Shopee dengan nama toko @Coday Coffee & Roastery

Melalui pemanfaatan media sosial, Coday Coffee Roastery telah berhasil mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. Diharapkan setelah bergabung dalam dunia media sosial, produk dari Coday Coffee Roastery dapat dikenal hingga ke luar negeri dan dapat melakukan penjualan secara ekspor.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun