PENERAPAN BAHAN AJAR PEMBIMBING Â PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Â MODEL JERROLD E KEMP
Â
Novita Loma Sahertian*
Institut Agama Kristen Ambon,Indonesia
*vitasahertia@gmail.com
David Ming*
Sekolah Tinggi Teologi kadesi bogor,Indonesia
*davidmingming3@gmail.com
Â
Abstrak
Seorang guru yang mampu melaksanakan tugas mengajarnya jika tahapan persiapan, proses pembelajaran dan evaluasi dilakukan sesuai dengan rancangannya. Proses yang seringkali terabaikan adalah model pembelajaran yang digunakan terkadang tidak mampu memberikan solusi kepada guru. Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia menunjukkan bahwa semua pelaku pendidikan, termasuk guru, harus siap dan berbenah diri mengikuti perkembangan perubahan. Sejalan dengan tuntutan perubahan dalam Kurikulum 2013 menyerukan adanya perubahan pembangunan dari yang bersifat sosial menjadi partisipasi yang demokratis, demi pertumbuhan sumber daya manusia. Jika demikian, pendidikan harus diarahkan sebagai sebuah proses: belajar untuk mengetahui, belajar untuk melakukan, belajar untuk hidup bersama, belajar untuk menjadi diri sendiri (belajar untuk menjadi) dan bahkan belajar seumur hidup (seumur hidup). learning), harus menghiasi gaya hidup seorang guru, mengingat guru merupakan sosok penting dalam proses perubahan. Penelitian ini bermaksud untuk menerapkan model pembelajaran yang meliputi: Pengembangan Silabus dan Kooperatif Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tipe time token type PAK dan Karakter Pada Kelas V materi Allah mencintai dunia. Hipotesis tindakan merupakan jawaban sementara berupa tindakan terhadap rumusan masalah yang tertuang dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: hasil belajar siswa akan meningkat “dapat diterima. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan Judul Penerapan Model Pembelajaran Kamp Jerrold E pada Mata Pelajaran Pendidikan Kristen (PAK) dan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Khususnya di SMP Kristen Hanuru Kelas VIII yang berlangsung selama 2 siklus penelitian, maka dapat disimpulkan: Pendidikan Kristen (PAK) dan Karakter bekerja secara efektif, sehingga hasil belajar siswa akan meningkat
Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif,Model jerrold E Kemp , mata pelajaran Pendidikan Kristen (PAK)