Â
Di zaman digital saat ini, digital marketing merupakan salah satu hal yang tidak bisa diabaikan oleh semua jenis bisnis, termasuk UMKM. Digital marketing memiliki peran penting dalam membantu UMKM untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan penjualan. UMKM - UMKM yang bersaing secara digital berfokus pada penggunaan solusi digital canggih untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan memprediksi perubahan di pasar masa depan. Ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi kesenjangan dan menciptakan solusi untuk respons yang lebih cepat dan lebih hemat biaya.Â
Apakah digital marketing menguntungkan bagi suatu bisnis?  iya digital marketing memiliki banyak sekali keuntungan, dimana keuntungan tersebut seperti  jangkauan yang didapatkan besar atau luas karena mencakup semua platform media online, karena untuk saat ini pengguna platform media online sangat banyak, dampak yang didapatkan untuk bisnis dari digital marketing mudah diukur, daripada menggunakan pemasaran yang biasa, dan mudahnya untuk mengubah konten online karena disesuaikan dengan feedback customer.
Tujuan dari digital marketing ini adalah untuk menjangkau pasar, dan menarik para konsumen. Digital marketing membuat kegiatan marketing jauh lebih praktis, mudah, cepat, hemat biaya, dan efisien. Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM dianggap paling efektif pada era sekarang. Dengan memanfaatkan digital marketing pelaku UMKM bisa memasarkan produk mereka dengan mudah, praktis dan cepat kepada calon konsumen dan juga bisa meningkatkan penjualan pada produk yang mereka tawarkan.Â
Dengan digital marketing pelaku UMKM bisa menjangkau para konsumen di manapun mereka berada dan kapanpun. Memanfaatkan digital marketing juga menghemat biaya untuk pemasangan iklan seperti pada banner dan biaya gaji sales. Pelayanan yang akan dirasakan oleh para konsumen juga bisa lebih cepat dan efisien dibandingkan penjualan secara offline yang masih lambat. Keuntungan yang dapat diraih dengan memanfaatkan digital marketing adalah produk yang ditawarkan bisa dikenal oleh banyak orang dari sabang sampai merauke bahkan bisa go-internasional.Â
Bisa dibuktikan dengan salah satu brand lokal yaitu sepatu compass yang sudah sampai amerika serikat pasar jual nya. Dari sini bisa dilihat sekuat apa platform online untuk bisnis UMKM hingga kancah Internasional. Dengan memanfaatkan digital marketing pelaku bisnis bisa membangun dan menjaga komunikasi dan relasi kepada konsumen. Komunikasi dan interaksi yang terjaga dapat terjalinnya hubungan yang kuat dengan konsumen sehingga tercipta konsumen yang loyal terhadap produk yang ditawarkan.
 Digital marketing adalah suatu kewajiban bagi UMKM yang ingin bersaing dengan UMKM modern saat ini dan memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan strategi digital marketing yang tepat, UMKM dapat meningkatkan keuntungan bisnis mereka, menjangkau pasar yang lebih luas, mengurangi biaya pemasaran.Â
Sekarang kita tahu mengapa Digital marketing dapat membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau lebih banyak audiens, digital marketing juga lebih hemat biaya dan terukur. Harapannya para pelaku bisnis saat ini bisa menerapkan digital marketing agar bisnisnya bisa cepat berkembang maju dan mudah bersaing di era bisnis modern saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H