Mohon tunggu...
Therre Rani Nur
Therre Rani Nur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa biasa yang menyukai cerita sci-fi.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Keseimbangan antara Rasionalitas Akal dan Inspirasi Wahyu dalam Perspektif Al-Ghazali

4 Juli 2023   21:18 Diperbarui: 4 Juli 2023   23:05 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Imam Al-Ghazali, yang nama lengkapnya Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ta'us Ath-Thusi as-Syafi'i al-Ghazali, sering dipanggil al-Ghazali atau Abu Hamid al-Ghazali. Ia diberikan gelar Imam Besar Abu Hamid al-Ghazali Hujatul Islam. Lahir di Thus, Khurasan, Iran (dekat Masyhad saat ini) pada tahun 450 H/1058 M, Al-Ghazali adalah seorang cendekiawan ulung dalam Islam yang dikenal dengan gelar "Pembela Islam" (Hujjatul Islam), "Hiasan Agama" (Zainuddin), "Samudra yang Menghanyutkan" (Bahrun Mughriq), dan sebagainya. Seorang sarjana islam terkemuka dari abad ke-11, mengilhami banyak pemikir dan cendekiawan sepanjang sejarah islam. Salah satu konsep sentral yang dijelaskan Al-Ghazali adalah pentingnya mencapai keseimbangan antara rasionalitas akal dan inspirasi wahyu dalam memahami agama dan realitas. 

Dalam perspektif Al-Ghazali, keduanya saling melengkapi dan harus disatukan untuk mencapai pemahaman yang utuh tentang hakikat keberadaan. Al-Ghazali mengakui pentingnya akal sebagai sarana intelektual manusia untuk memahami dunia fisik dan mengeksplorasi realitas yang terlihat. Akal memberikan manusia kemampuan berpikir logis, menganalisis, dan merumuskan argumen berdasarkan bukti empiris. Al-Ghazali memandang akal sebagai anugerah Allah yang harus digunakan secara bijaksana. Namun, Al-Ghazali juga menyadari keterbatasan akal dalam memahami realitas metafisik dan hakikat yang lebih dalam.

Al-Ghazali mengelompokkan kebenaran dalam pengetahuan menjadi dua bagian. Pertama adalah kebenaran pengetahuan mu'amalah, yang merupakan kebenaran konkret yang dapat diamati melalui panca indra dan dapat dipahami melalui akal. Kedua adalah kebenaran pengetahuan mukasyafah, yang merupakan kebenaran abstrak yang terdapat dalam pemikiran, transenden, dan nyata adanya. Satu-satunya cara untuk memahami kebenaran tersebut adalah melalui wahyu. Menurut Imam Al-Ghazali, hakikat wahyu sesuai dengan fungsinya yang diberikan, yaitu sebagai firman Tuhan yang diturunkan kepada Nabi sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia dalam menjalani kehidupan hingga akhir zaman sesuai dengan hukum yang ditetapkan oleh Tuhan. Karena fungsinya itu, wahyu bersifat universal, final, dan utuh.

Akal, menurut Al-Ghazali, adalah tempat di mana aktivitas logika terjadi. Ini adalah tempat di mana pengetahuan yang diperoleh dari indra diolah sesuai dengan spesifikasinya. Menurut Al-Ghazali, interaksi antara indra dengan objek memberikan informasi dasar tentang sesuatu yang disebut sebagai pengetahuan tashawwur. 

Kemudian, hasil penghubungan antara konsep-konsep sederhana tersebut adalah pengetahuan tashdiq. Al-Ghazali memberikan tempat yang tinggi bagi akal terutama dalam mendapatkan pengetahuan melalui proses berpikir. Akal bukan hanya berfungsi dalam proses berakal, tetapi juga dalam mengembangkan pengetahuan dari satu atau beberapa pengetahuan tersebut. Melalui akal, manusia mampu mencapai keyakinan yang kuat, sehingga akal dianggap sebagai sumber pengetahuan yang tinggi dan faktual.

Namun demikian, Al-Ghazali mengakui bahwa ada batasan pada akal. Ketika akal belum mampu memberikan keyakinan terhadap kebenaran, maka batas kedudukan akal hanya sebatas pengetahuan inderawi. Oleh karena itu, Al-Ghazali menyatakan bahwa sumber pengetahuan tertinggi bukanlah indera, melainkan intuisi. Intuisi memiliki kapasitas dan potensi nalar yang mampu memberikan keyakinan terhadap kebenaran yang berada di luar realitas rasional, yaitu wahyu Tuhan. 

Di sisi lain, Al-Ghazali menggarisbawahi inspirasi wahyu sebagai sumber pengetahuan yang lebih tinggi. Wahyu, yang meliputi ajaran Al-Qur'an dan tradisi Nabi Muhammad SAW, memberikan panduan spiritual dan pengetahuan yang melebihi kapasitas akal manusia. Al-Ghazali mengajarkan bahwa wahyu adalah manifestasi ilahi yang membawa kebenaran mutlak dan jauh melampaui keterbatasan manusia dalam meraih pengetahuan secara rasional.

Namun, Al-Ghazali menekankan bahwa akal dan wahyu bukanlah dua entitas yang bertentangan. Ia berpendapat bahwa ada kesepakatan antara keduanya, dan keseimbangan harus ditemukan dalam memahami agama dan realitas. Menurut Al-Ghazali, akal dapat digunakan untuk menginterpretasikan ajaran wahyu dan memahami pesan-pesan agama dengan cara yang logis dan kritis. 

Sebaliknya, wahyu memberikan arah moral dan spiritual kepada akal, membantu manusia untuk mengenali hakikat dirinya dan hubungannya dengan Tuhan. Al-Ghazali menyatakan bahwa mencapai keseimbangan antara akal dan wahyu adalah kunci untuk mencapai kebijaksanaan dan kesempurnaan dalam hidup. Ia menekankan perlunya memadukan pengetahuan yang diperoleh melalui akal dengan kebijaksanaan spiritual yang diberikan oleh wahyu. Hanya dengan menggabungkan keduanya, seseorang dapat mencapai pemahaman holistik tentang realitas dan memperoleh kebahagiaan sejati.

Dalam pandangan Al-Ghazali, akal dan wahyu bukanlah oposisi atau pilihan eksklusif, tetapi harus diintegrasikan secara harmonis. Rasionalitas akal diperlukan untuk memahami dunia fisik dan menerapkan logika dalam konteks kemanusiaan. Namun, inspirasi wahyu memberikan dimensi spiritual yang memungkinkan manusia untuk mengembangkan kesadaran diri, menghargai kehidupan batiniah, dan menjalin hubungan yang lebih mendalam dengan Tuhan. 

Dalam kesimpulannya, keseimbangan antara rasionalitas akal dan inspirasi wahyu dalam perspektif Al-Ghazali merupakan landasan penting dalam pemahaman agama dan realitas. Akal dan wahyu saling melengkapi dan harus digunakan secara harmonis untuk mencapai pemahaman yang holistik dan utuh. Dengan menggabungkan kebijaksanaan rasional dan spiritual, manusia dapat mencapai tujuan hidup yang lebih tinggi dan mendapatkan kedamaian batin yang sejati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun