Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran di SMKN 1 CIBADAK
Meningkatkan motivasi peserta didik dan mengoptimalkan pemanfaatan model pembelajaran yang inovatif pada mata pembelajaran Informatika, Elemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Base Learning (PjBL).
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan? Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang dilakukan kepada beberapa narasumber di lingkungan tempat kerja, sebagai berikut :
- Peserta didik kurang bersemangat mengikuti proses pembelajaran;
- Guru menggunakan metode ceramah (Teacher Centered) sehingga kurangnya keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran;
- Guru belum menggunakan  model pembelajaran yang terstruktur  dan inovatif;
- Guru belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran;
- Peserta didik beranggapan materi pelajaran informatika tidak akan terpakai/termanfaatkan di jurusan yang diampunya.
Dengan adanya permasalahan di atas, praktik baik (Best Practice) perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, mengembangkan pengetahuan, pemecahan masalah, keterampilan intelektual, dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta dapat bertanggung jawab dalam kehidupannya. Sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inpirasi bagi rekan guru lain.
Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai guru memfasilitasi peserta didik  untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan dengan membuat rancangan perangkat modul ajar, model pembelajaran yang tepat dan inovatif, memilih media yang sesuai dengan materi, serta melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang dibuat.
Tantangan yang dihadapi  dalam praktik pembelajaran adalah sebagai berikut:
- Pengetahuan guru tentang model pembelajaran inovatif masih minim;
- Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mengilustrasikan materi pelajaran;
- Peserta didik belum terbiasa dengan kegiatan belajar memecahkan masalah secara berkelompok;
- Peserta didik belum terbiasa melaporkan atau mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Untuk mengatasi tantangan tersebut menggunakan:
- Model pembelajaran PBL dan PjBL;
- Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi peserta didik (tayangan video pembelajaran/file presentasi);
- Membentuk kelompok kerja;
- Peserta didik melakukan presentasi.
Pihak-pihak yang terlibat dalam mengatasi tantangan: Unsur yang terlibat:
- Dosen Pembimbing;
- Guru Pamong;
- Kepala Sekolah;
- Rekan Guru;
- Teman PPG Kelas 002 Kelompok 1;
- Team IT SMKN 1 Cibadak;
- Peserta didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H