Mohon tunggu...
Dasep Samsul Bahri
Dasep Samsul Bahri Mohon Tunggu... Programmer - Menyajikan artikel berita yang berkaitan dengan pendidikan

Anything I do, Just For My God

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pembelajaran yang Luar Biasa dari Motivasi Jay Shetty

17 Mei 2019   19:55 Diperbarui: 17 Mei 2019   20:18 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Instagram @jayshetty

Kepala Sekolah:

Selamat Pagi Kelas XI. Pertemuan hari ini tentang awal sebuah perjalanan. Awal dari sisa hidup kalian. 2 tahun lagi, kalian semua akan menyelesaikan ujian level A. 3 tahun lagi, kalian akan belajar ke seluruh dunia. Belajar di Universitas pilihan kalian. 5 tahun lagi, kalian akan memulai karir kalian.

Banyak dari kalian akan bekerja di perusahaanbesar di seluruh dunia. Kalian kemudian menikah dan mungkin membeli rumah. 10 tahun lagi, hidupmu akan ditentukan olehmu. 15 tahun lagi, kalian akan berusia 30 tahun. Sejak saat itu, jalan hidupmu akan ditentukan.

Jay Shetty:

Maaf Bapak Kepala Sekolah. Biar saya jelaskan mengapa tadi bisa membuat anda gagal.

Saya kenal orang yang lulu di usia 21 tahun, tapi tidak mendapat pekerjaan sampai usia 28 tahun. Saya kenal orang yang telat lulus di usia 25 tahun, tapi langsung mendapat pekerjaan. Saya kenal orang yang tidak pernah kuliah, tapi telah menemukan passion mereka di usia 18 tahun. Saya kenal orang yang setelah lulus kuliah, langsung mendapat pekerjaan tapi membenci pekerjaan mereka. Saya kenal orang yang tidak langsung kuliah, tapi menemukan tujuan hidup mereka.

Saya kenal orang yang sangat yakin tentang yang akan mereka kerjakan saat usia 16 tahun, tapi berubah pikiran saat usia 26 tahun. Saya kenal orang yang punya anak tapi tidak punya pasangan. Saya kenal orang yang sudah menikah tapi harus menunggu 8-10 taun untuk memiliki anak. Saya kenal orang yang terikat dalam satu hubungan tapi mencintai orang lain. Saya kenal orang yang saling mencintai tapi tidak bersama-sama.

Maksud saya adalah segala sesuatu dalam hidup terjadi sesuai waktu kita, jam kita. Kamu mungkin melihat temanmu yang menurutmu lebih baik darimu, atau temanmu yang kondisinya lebih buruk darimu. Tapi segalanya terjadi sesuai dengan kecepatannya masing-masing. Mereka semua punya waktu dan jam sendiri, begitu juga dengan kamu. Bersabarlah.

Saat usia 25 tahun, Marc Cuban menjadi pelayan bar di Dallas. J.K Rowling harus menunggu sampai berusa 32 tahun untuk meneribitkan Harry Potter setelah ditolak oleh 12 penerbit. Ortega meluncurkan ZARA saat dia berusia 39 tahun. Jack Ma memulai Alibaba saat dia berusia 35 tahun. Morgan Freeman mendapatkan peran yang besar saat berusia 52 tahun. Steve Carell baru mendapat perannya setelah berusia 40 tahun. Virgin yang dirintis oleh Richard Branson saat usia 34 tahun.

Mendapatkan gelar setelah berusia 25 tahun masih merupakan sebuah prestasi. Belum mennikah di usia 30 tahun tapi tetap bahagia itu indah. Membangun keluarga setelah usia 35 tahun masih memungkinkan. Membeli rumah setelah 40 tahun tetaplah hebat.

Jangan biarkan orang lain membuatmu terburu-buru sesua dengan waktu mereka. Karena seperti yang Einstein katakan, "Tidak semua yang diperhitungkan dapat dihitung, dan tidak semua yang bisa dihitung bisa diperhitungkan." Dan ini merupakan hal yang paling penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun