Tahun ini, sekolah yang menggunakan jaringan internet sebagai sarana ujian nasional (daring) atau yang dikenal dengan UNBK (Ujian Nasional berbasis komputer) ataupun Computer Base test (CBT) meningkat. banyak alasan mengapa sekolah antusias memilih UNBK ini, diantara alasan itu adalah gengsi sekolah yang meningkat, demikian diungkapkan oleh salah seorang pelaku pendidikan yang diselenggarakan masyarakat yang berupa Yayasan. Karena alasan itu, maka Yayasan berusaha melaksanakan pengadaan komputer jauh-jauh hari, sewaktu "pendaftaran" UNBK berlangsung.Â
Banyak cara untuk mengadakan sarana UNBK berupa perangkat komputer dan jaringan mengingat gengsi tersebut, sebagian memusyawarahkan dengan komite sekolah, sebagian menggunakan dana BOS untuk pengadaan sarananya, hingga kebutuhan lain seperti pemenuhan kebutuhan Laboratorium untuk menunjang pendekatan saintifik dalam pembelajaran, maupun aktivitas lain, yang diutamakan adalah memenuhi kebutuhan UNBK. Yang pasti, pengadaan berbagai keperluan UNBK tidak lepas dari keuntungan penyelenggara pendidikan sejalana dengan peningkatan belanja sarana itu. Bisa dihitung berapa keuntungan yang diperoleh melalui pengadaan sarana UNBK, jika margin keuntungan yang diberlakukan adalah 30 %, dikali jumlah minimal unit yang harus dipenuhi. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Jika kita perhatikan pelaksanaan UNBK, sesungguhnya peningkatan penguasaan teknologi informatikanya tidaklah sangat signifikan, masalahnya, dalam ujian berbasis komputer itu peserta ujian hanya menjadi pemakai/user sekedar mengoperasikan komputer yang sebatas "ngeklik" opsion jawaban. Apa yang digembar-gemborkan tingkat beocorannya nol, itu hal yang mengada-ada. Mewnurut hemat penulis, ada beberapa peluang kebocoran yang terbuka lebar dari penyelenggaraan UNBK kali ini. Â Â Â
Pertama, sistem ujian yang bergelombang, satau hari ujian terdapat 3 (tiga gelombang) pagi 2 kali, pasca break makan siang sekali. Pihak-pihak tertentu, bisa memanfaatkan informasi soal yang telah dihadapi. Kebiasaan Bimbel menyelanggarakan konsul bagi pesertanya, dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi soal yang telah dihadapi oleh mereka yang ujian pada rombongan pertama. Inventarisasi soal dari sejumlah peserta ujian rombongan pertama, yang sudah barang tentu memiliki variasi soal sesuai pengacakan komputer, diantisipasi dan dipindai pengacakannya (Bimbel biasanya ada tenaga IT) yang kemudian dibahas bagi mereka yang mendapat jadwal rombongan ke tiga (pasca break siang).
Kedua, meski ada pengacakan, namun dengan jumlah paket soal (konon 5) paket, jika jarak antar peserta masih memungkinkan seorang peserta melihat layar monitor komputer temannya, maka sinkronisasi pengerjaan sesuai urutan SKL dapat dilakukan. Apalagi jika pola acak sudah dapat dibaca. Menganalisis pola acak pada saat try out UBK juga dapat menjadi bekal untuk mengantisispasi soal yang telah diketahui oleh peserta pada rombongan pagi.                                                          Â
Ketiga, adalah pola pengawasan. Memang percaya itu baik, namun dalam kondisi dimana tingkat kecurangan masih terjadi bahkan terang-terangan, apalagi hasil Ujian Nasional digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi, jelas pengawasan mandiri, dalam artian pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer diawasi oleh guru sendiri, sangat rentan akan terjadinya kecurangan. Hal itu tentu saja sangat berbeda jika menggunakan pengawas silang. Bagaimanapun juga sekolah menginginkan peserta didiknya berhasil dengan nilai yang tinggi untuk dapat tembus seleksi mperguiruan tinggi. Juga sudah barang tenrtu meningkatkan peringkat sekolah dalam sistem ranking sekolah. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Keempat, akses browshing. Jika perangkat komputer dapat "menjalankan" berbagai "jendela" pada saat bersamaan, maka sejalan dengan pengerjaan soal ujian Nasional peserta didik dapat melakukan browshing untuk mencari jawaban yang tepat dari soal-soal tersaji. Informasi  UKG berbasis komputer yang lalu, ada operator yang membantu "browshing' jawaban dari temen gurunya yang menghadapi kesulitan. hal yang sama mungkin saja terjadi pada UNBK kali ini yang tidak melakukan pengawasaan silang UNBK.                                                                                                                                                               Â
Itulah kemungkinan empat pintu kebocoran yang mungkin terjadi pada pelaksanaan Ujian nasional kali ini. Problematika lebih fatal adalah jika hasil Ujian Nasional "yang tidak murni" itu dijadikan komponen penentu seleksi masuk perguruan tinggi negeri, maka PTN PTN harus dapat mengantisispasi hal itu. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Semoga Bermanfaat ! Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H