Mohon tunggu...
Darul Azis
Darul Azis Mohon Tunggu... Administrasi - Wirausahawan

Wirausahawan yang terkadang menulis

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Menggugat Tribunnews Soal Kabar Gagalnya Pernikahan Gara-gara Asap Rokok

8 Januari 2018   11:49 Diperbarui: 8 Januari 2018   11:51 1636
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkapan layar berita di Tribunjogja [dok.pri]

Beberapa hari lalu, sebuah berita tentang seorang seorang laki-laki yang meninggal dunia diduga karena menjadi perokok pasif menjadi viral di internet. Beberapa teman saya ikut membagikan berita tersebut. Dari tautan berita-berita yang tersebar, kelompok media Tribunnews-lah yang secara masif memberitakannya. Tidak ada lain. Kecuali kemudian diikuti oleh blog-blog kecil entah milik siapa. Namun yang jelas, berita tersebut mula-mula diberitakan oleh Tribun Jogja.

Karena penasaran akan kebenaran berita tersebut, saya kemudian melakukan pencarian secara lebih mendalam. Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, terdapat dua sumber yang dirujuk oleh kelompok media Tribun dan yang disebar oleh netizen, yakni akun Facebook Della Noor Defasa dan akun Facebook Dewi Sartika.

Pada saat saya menulis tulisan ini, akun Facebook Della Noor Defasa sudah tidak saya temukan. Hanya akun Facebook Dewi Sartika yang berhasil saya temukan. Saya tidak tahu, apakah Della Noor Defasa sudah menutup akunnya atau bagaimana.

Pada akun Facebook Dewi Sartika, cerita tentang kematian Fajar Saputra katanya dicopas dari calon almarhum, Della Noor Defasa, dan sudah mendapatkan izin dari yang bersangkutan. Keduanya sama-sama viral dan dikutip oleh kelompok media Tribun dalam waktu yang nyaris berdekatan. Setelah kemarin postingannya viral, kini akun Facebook Dewi Sartika pun seolah semakin ketagihan untuk menyebarkan konten-konten emosional. Anda bisa melihatnya sendiri. Diketahui pula, melalui akun Facebooknya, dia juga menjual jilbab. Saya menduga, kalau dilihat dari pola-pola postingannya, akun Dewi Sartika ini juga terafiliasi dengan Della Dameria, Dhe Marsya, dan mungkin masih banyak lagi akun-akun yang lain. 

Tanpa mengurangi rasa duka kepada keluarga dan pihak-pihak yang ditinggalkan, jika berita itu benar-benar nyata adanya, saya merasa harus menuliskan tulisan ini. Karena sesuatu di dalam dada saya mengatakan ada kejanggalan dalam kasus tersebut.

Saya sebenarnya menaruh harapan besar kepada Tribun atas terkuaknya 'berita' tersebut. Karena saya sendiri adalah seorang perokok pasif. Saya hidup di lingkungan para perokok. Jika berita itu benar, maka tentu hal itu akan menjadi alarm tersendiri bagi saya. 

Tetapi sayangnya, sebagai media yang juga turut memviralkan 'berita' tersebut, sepanjang pencarian saya, Tribun tak melakukan klarifikasi dan konfirmasi siapakah sebenarnya Fajar Saputra dan Della Noor Defasa atawa Della Nurmayanthi seperti yang tertulis di undangan. 

Orang manakah mereka sebenarnya?

Benarkah Fajar meninggal hanya karena menjadi perokok pasif?

Kita tidak pernah tahu itu. Karena media online di masa kini, tak terkecuali Tribun, tidak pernah berusaha memberitahukannya. Mereka hanya memberitakan apa yang viral di media sosial; apa yang menjadi desas-desus; dan apa yang banyak menyita perhatian netizen.

Tapi saya juga paham sih, buat apa melakukan itu semua?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun