Di bulan ini (Juni 2022) saya mempelajari Modul 3.3 yakni Kepemimpinan Murid sebuah Modul terakhir yang berisi pengelolaan program yang berdampak pada murid. Menurut saya adalah modul yang menarik untuk dipelajari dan diterapkan di kelas dan sekolah masing-masing CGP.Â
Untuk mengeksplorasi program/ kegiatan sekolah yang berdampak pada murid, modul ini diarahkan untuk mengidentifikasi suara (Voice), pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership) saya menyebutnya VCO dalam program/ kegiatan sekolah. VCO murid perlu diupayakan oleh sekolah sebagai sebuah komunitas.Â
Apa yang harus disiapkan oleh sekolah untuk menciptakan VCO / suara, pilihan dan rasa kepemilikan murid ? Bagaimana kita dapat menciptakan sekolah sebagai lingkungan belajar yang memberikan ruang seluas-luasnya kepada murid untuk dapat menciptakan VCO menuju kepemimpinan murid (student agency) ?
Kali ini saya menggunakan Model 4 F Â (Facts, Feelings, Findings, Future) 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal):
1. Facts (Peristiwa):
Dua minggu ini saya belajar mengenai paket modul 3, subbagian 3.3 yang membahas tentang program/kegiatan sekolah berorientasi dan berpihak pada murid sehingga dapat memberikan makna sebagai bentuk dampak yang dirasakan oleh murid nanti. Adapun peristiwa yang menonjol pada bulan Juni 2022 adalah ujian semester genap (PAT) baik tingkat X, XI maupun XII, kenaikan kelas dan kelulusan siswa, rekruitmen tamatan dan pelepasan siswa.
Pandemi Covid 19 belum sepenuhnya usai walaupun PTM sudah 100% namun Pemerintah Kota Surakarta masih sangat hati-hati untuk membuka penuh kelonggaran, seperti halnya penyelenggaraan kegiatan pelepasa yang masih dibatasi hanya di sekolah, hanya mengenakan baju OSIS dan hanya upacara pelepasan saja untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain di luar sekolah.Â
Penyelenggaraannya pun sangat sederhana, justru disitulah muncul beberapa ide kreatif dari siswa yang mencerminkan Kepemimpinan Murid (Student Agency).
Alasan Melakukan Aksi