Mohon tunggu...
Darren Reinhart
Darren Reinhart Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi main Bola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gladi Hominisasi Universitas Katolik Parahyangan

16 Oktober 2022   20:19 Diperbarui: 16 Oktober 2022   20:31 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengalaman Gladi Hominisasi 2022

Pada hari minggu, 16 Oktober 2022, saya mengikuti proses gladi hominisasi yang diselanggarakan oleh Universtias Katolik Parahyangan.  Sebelum hari H-nya, panitia menyuruh para peserta gladi tersebut untuk mengerjakan tugasnya masing-masing. 

Tugasnya ada 2 yaitu satu untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan menulis apa yang menarik dari 3 stanza tersebut. Tugas kedua adalah untuk menonton dokumenter pendek yang bertema lalu kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. 

Sejujurnya saya baru tau bahwa lagu Indonesia Raya itu memiliki 3 stanza karena selama hidup saya, di sekolah hanya saja dinyanyikan stanza pertama sehingga saya hanya mengetahui sampai stanza satu saja. 

Saat proses gladi, ada berbagai acara yang diselenggarakan seperti games, talkshow, dan tugas presentasi. Saya sangat sekali menikmati proses gladi hominisasi meskipun diadakan pada hari Minggu, ini cukup memberikan pengalaman yang seru bagi saya. 

Selama proses gladi, saya belajar banyak hal seperti cara berbahasa indonesia dengan benar, pentingnya untuk mencintai indonesia, cara berbicara sama orang dan masih banyak lagi.  

Panitia memberika para peserta tugas untuk memberikan presentasi tentang suatu tema, tiap kelompok mendapatkan tema yang berbeda. Tema dan kelompok  sudah ditentukan sebelum gladi dimulai, kebetulan saya kebagian kelompok 7 dengan tema Sumpah Pemuda. 

Gladi hominisasi sangat bermanfaat karena disana saya belajar banyak, yang paling berkesan bagi saya adalah ketika sedang bertugas kelomplok untuk menyiapakan presentasi. 

Saya belajar untuk bekerja dalam kelompok dan belajar untuk berdiskusi, bertukan pendapat anatara orang-orang yang bahkal belum saya kenal, menurut saya itu sangat menarik. Kemampuan baru yang saya dapat adalah untuk berpresentasi tanpa adanya powerpoint.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun